Terbaru

Covid-19 Salatiga, Tambah Pasien Positif 2 Orang dari Klaster Cempaka Jetis

Siti Zuraidah SKM MKes, Kepala DKK Salatiga.

KopiOnline SALATIGA, – Tambahan pasien positif Covid-19 di Kota Salatiga kembali terjadi. Hingga Jumat (29/05/2020), ada tambahan dua kasus positif Covid-19. Kasus ini berasal dari Klaster Cempaka Jetis, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga dan keduanya merupakan pasien berusia 68 tahun dan 30 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Siti Zuraidah SKM MKes mengatakan, kedua pasien positif Covid-19 itu dengan jenis kelamin laki-laki dan berusia 68 tahun dan 30 tahun. Penularannya berasal dari aktivitas pada saat melaksanakan ronda malam. Untuk itu, warga yang saat melaksanakan ronda malam hendaknya tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti tetap memakai masker. Bahkan harus menjaga jarak, tidak berkerumun serta cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.

“Tambahan dua pasien positif Covid-19 itu berasal dari Klaster Cempaka Jetis, Kel Sidorejo Lor, Kec Sidorejo, Salatiga. Keduanya tertular ketika beraktivitas pada ronda malam. Untuk itu, himbauan kami saat melaksanakan ronda malam pun, jangan lupa patuhi protokol kesehatan,” kata Siti Zuraidah.

Sementara, Jumat (29/05/2020) usai dibukanya kembali Pasar Pagi Salatiga dilaksanakan rapid test kepada 163 orang pedagang. Hasilnya, ditemukan sebanyak 9 orang pedagang yang dinyatakan reaktif Covid-19. Dan pedagang tersebut harus menjalani isolasi. Apabila, orang tersebut berasal dari Salatiga maka akan dilakukan swab sesuai dengan puskesmas wilayah masing-masing.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga Kusumo Aji SH menyatakan, bahwa pihaknya akan langsung menghubungi pedagang atau pembeli yang telah dinyatakan reaktif Covid-19 tersebut, setelah menerima hasil rapid test dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga.

“Langkah kami, segera menghubungi pedagang atau pembeli yang reaktif Covid-19 tersebut, setelah menerima hasil rapid test dari DKK,” tandasnya. Heru Santoso.

Leave a comment