Terbaru

Ketua RW Dapat Berikan Edukasi Warga, Tetap Patuh Protokol Kesehatan

Bonar Novi Priatmoko SH (batik merah), saat mengikuti sosialisasi.

KopiOnline SALATIGA, – Kegiatan Desk untuk penanganan orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pengawasan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) serta positif Covid-19, hal itu dinilainya sangat bagus. Bahkan, dilakukan juga dengan mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak serta memakai masker.

Dari sini, para Ketua Rukun Warga (RW) dapat memberikan contoh dan edukasi kepada masyarakat untuk selalu patuh pada protokol kesehatan. Demikian dikatakan Bonar Novi Priatmoko SH, anggota DPRD Kota Salatiga kepada koranpagionline.com, usai penyerahan dana Guyub RW dan Sosialisasi Penanganan OTG, ODP dan PDP di Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Selasa (19/05/2020).

“Dari sosialisasi itu, harapannya para Ketua RW dapat memberikan contoh dan edukasi kepada masyarakat di wilayahnya. Sehingga, masyarakat merasa tenang, aman dan nyaman dan tetap mendengungkan protokol kesehatan. Selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir. Selama masa pandemi Covid-19, jangan sampai protokol kesehatan ini ditinggalkan. Ini sebagai salah satu pencegahan penyebaran Covid-19,” jelas politisi PDI Perjuangan.

Bonar juga menyinggung terkait dengan bantuan-bantuan yang diterima masyarakat. Kepada para Ketua RW untuk tidak segan-segan membantu pengecekan hingga ke lokasi penerima bantuan. Tujuannya, agar bantuan yang disalurkan itu benar-benar sampai pada tujuannya atau yang benar-benar membutuhkan dan tidak terjadi salah sasaran. Selain itu, dengan terjun langsung ke penerima maka dapat diketahui warga yang mendapatkan bantuan maupun tidak.

“Jangan sampai bantuan yang sudah disalurkan ke masyarakat atau warga itu, justru warga yang berhak menerima bantuan, tidak menerima. Juga, jangan sampai penyaluran bantuan itu didasarkan pada like and dislike dengan Ketua RT atau Ketua RW. Jika hal ini terjadi, segera saja laporkan kepada pihak terkait atau kelurahan dan kecamatan setempat,” tandasnya.

Dalam sosialisasi tersebut, sebagai nara sumbernya masing-masing Camat Sidorejo Guntur, Puskesmas Sidorejo dr Wahyu serta anggota DPRD Salatiga dari daerah pemilihan Kecamatan Sidorejo. Sedangkan para peserta adalah para Ketua RW di Kecamatan Sidorejo.

Sementara, menyikapi kegiatan sosialisasi tersebut, para Ketua RW merasa senang dan berterima kasih kepada Camat Sidorejo. Pasalnya, dengan adanya penjelasan terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19 itu maka apabila ada warganya yang benar-benar tidak tahu, dapat memberikan penjelasannya. Selain itu, akan selalu memberikan edukasi kepada warga untuk tetap patuh dan taat pada protokol kesehatan.

“Kami senang dengan sosialisasi tersebut. Intinya, kami dapat wawasan dan ilmu terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19. Hal ini, benar-benar membantu kami dalam memberikan edukasi kepada warga kami. Sekali lagi terima kasih kepada Camat Sidorejo,” tandas sejumlah Ketua RW kepada koranpagionline.com, usai mengikuti sosialisasi di Kantor Kecamatan Sidorejo. Heru Santoso.

Leave a comment