Beranda MARKAS Kapolri : Polres Agar Siapkan Sembako Bagi Warga yang Belum Dapat Bansos

Kapolri : Polres Agar Siapkan Sembako Bagi Warga yang Belum Dapat Bansos

177
0

KopiOnline JAKARTA,- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Idham Azis perintahkan 500 Polres jajarannya agar menyisir warga yang belum terdata untuk menerima bantuan sosial dari Pemerintah.

Idham juga memerintahkan Polres untuk menyiapkan beras dan bahan pokok lainnya untuk dibagikan kepada warga terdampak pandemi Covid-19, terutama bagi warga yang belum terdata.

“Seluruh Polres menyiagakan 10 ton beras dan sembako lain untuk bisa segera disalurkan bagi masyarakat yang belum sempat mendapatkan bansos.” kata Idham, Sabtu (25/04/2020).

Idham memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran Kapolda melalui video conference di Mabes Polri, terkait dengan berbagai kebijakan menjaga kamtibmas di tengah pandemi Covid-19. Ada delapan diretif Kapolri kepada seluruh Kapolda yang harus dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, yakni;

Pertama, agar memastikan distribusi kebutuhan masyarakat aman dan lancar.
Idham meminta agar anggotanya turut mengamankan atau mengawasi bansos baik dari jumlah, sasaran dan kualitasnya sesuai dengan program pemerintah.

Kedua, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar ditindaklanjuti dengan mengedepankan tindakan preemtif, preventif dan humanis.

“Penegakan hukum alternatif terakhir,” kata Idham dalam direktif yang diunggah Divisi Humas Polri, hari Sabtu (25/04/2020).

Ketiga, agar setiap tindakan dan tugas kemasyarakatan agar melibatkan TNI dan stakeholder lain.

Keempat, dalam setiap operasi kepolisian tidak ada istilah siaga 1, namun diganti kesiapsiagaan.

Kelima, tidak menggunakan kata tembak di tempat serta tidak ada penyiapan penembak jitu.

“Namun jika membahayakan keselamatan masyarakat dan anggota maka lakukan tindakan tegas dan terukur,”.

Keenam, agar seluruh anggota Polri mematuhi maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19 baik diri sendiri maupun keluarga.

Ketujuh, pelaksanaan PON di Papua ditunda menjadi Oktober 2021, maka anggaran Polri untuk pengamanan PON dialokasikan kepada penanganan Covid-19.

Kedelapan, Idham meminta Bhabinkamtibmask melakukan penyisiran dan melakukan pendataan kepada masyarakat yang belum mendapatkan bansos.

“Seluruh Polres menyiagakan 10 ton beras dan sembako lain untuk bisa segera disalurkan bagi masyarakat yang belum sempat mendapatkan bansos.”.

Idham juga menjanjikan Dana kontinjensi dari Mabes Polri siap dikucurkan ke tiap-tiap Polres untuk membeli beras dan bahan pokok tersebut. kop

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here