Beranda LIFE Peringati HUT ke 39, PDAM Berikan Subsidi Pembayaran Rekening Air Selama 3...

Peringati HUT ke 39, PDAM Berikan Subsidi Pembayaran Rekening Air Selama 3 Bulan

220
0

KopiOnline KAB. SEMARANG, – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Semarang ke 39, yang jatuh pada 24 April 2020 ini, diperingati tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada peringatan ke 39 ini, PDAM memperingatinya tanpa acara seremonial.

Peingatan HUT PDAM yang sederhana, terkait dengan situasi sekarang yang penuh dengan keprihatinan di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya, dengan melaksanakan aksi sosial dengan pembagian wastafel portabel, masker, hand sanitizer maupun bantuan lain kepada masyarakat. Demikian diungkapkan Direktur Utama (Dirut) PDAM Kabupaten Semarang Guswakhid Hidayat ST MSi di sela acara ‘talk show’ on air (siaran langsung) di Radio Rasika FM Ungaran, Jumat (24/04/2020).

“Tahun ini, peringatan HUT PDAM sengaja kita laksanakan tanpa acara seremonial, namun kita melaksanakannya dengan terjun langsung di tengah masyarakat yang dikemas dalam ‘aksi sosial’. Khususnya, dalam membantu mencegah penyebaran Covid-19, melalui pembagian wastafel portabel, masker, hand sanitiser serta bantuan lain kepada masyarakat. Sasaran yang dibantu diantaranya di sejumlah pasar, pondok pesantren (Ponpes), tempat ibadah, perkantoran maupun fasilitas umum yang lain di kabupaten ini,” jelas Guswakhid Hidayat.

Ditambahkan, bahwa selain membantu masyarakat secara umum, bentuk kepedulian lain dari PDAM diantaranya memberikan subsidi pembayaran rekening air sebesar 50% hingga 100 % untuk periode pemakaian air bulan April, Mei, dan Juni 2020. Subsidi sebesar 100 % ini diberikan kepada golongan pelanggan sosial umum, sosial khusus, dan rumah sederhana.

Dan untuk subsidi sebesar 50 % diberikan kepada golongan semi menengah. Subsidi ini diberikan sebagai salah satu bukti nyata PDAM di tengah dampak pandemi corona.

“Harapan kami, dengan adanya subsidi pembayaran rekening air selama 3 bulan (April, Mei dan Juni 2020) ini, dapat membantu atau meringankan beban pelanggan yang benar-benar mengalami kesulitan pada situasi pandemi Covid-19 sekarang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Rizka Dwi Prasetyo, Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Semarang sangat apresiasi kepada PDAM dengan keputusannya memberikan subsidi pembayaran rekening air kepada pelanggan atau masyarakat. Harapannya, bahwa kebijakan PDAM yang merupakan BUMD atau “perusahaan plat merah” ini dapat ditiru oleh perusahaan yang lain dalam berpartisipasi secara sosial saat menghadapi situasi seperti sekarang ini.

“Saya nitip pesan kepada masyarakat di Kabupaten Semarang ini, dalam situasi menghadapi pandemi Covid-19 ini, hendaknya tetap semangat dan kuat. Harapannya, kita semua jangan meninggalkan tolong menolong bahkan jangan sampai berbuat dengan mengucilkan orang dengan status ODP, PDP, maupun positif Covid-19. Apalagi, saat mereka dinyatakan bebas Covid-19 maka statusnya sama seperti warga yang lain. Sekali lagi, jangan sampai kita berbuat mengucilkan mereka,” kata politisi PDI Perjuangan dari Kecamatan Getasan.

Menurutnya, pesan khusus kepada pelanggan PDAM, hendaknya dapat memakai atau menggunakan air bersih ini sesuai kebutuhan. Apalagi, dalam memperingati HUT ke 39 ini, PDAM telah memberikan subsidi pembayaran rekening air mulai 50% hingga 100%, ini adalah bukti nyata pelayanan PDAM kepada masyarakat. Langkah berani ini, harus didukung.

Dalam acara talk show tersebut, selain Dirut PDAM Guswakhid Hidayat sebagai nara sumber (pembicara), didampingi pula Rizka Dwi Prasetyo (anggota Komisi B DPRD Kab Semarang), BW Heru Santoso (Ketua Forum Komunikasi Pelanggan (FKP) PDAM Cabang Ambarawa), KH Zaenal Abidin dan Abdul Muiz (perwakilan FKP Cabang Ungaran). Dan dipandu oleh Haris WB, Radio Rasika FM. Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here