Terbaru

Dampak Covid-19, Bupati Toba Serahkan Sembako kepada 215 Wartawan

Bupati Toba Ir. Darwin Siagian secara simbolis menyerahkan bantuan Sembako kepada 215 orang wartawan di Toba.

KopiOnlin Toba,- Dampak virus Corona (Covid-19), Bupati Toba Ir. Darwin Siagian menyerahkan bantuan sembako berupa beras, mie instan, telor. gula dan minyak goring, Jumat (24/04/2020) kepada 215 wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Toba Sumatera Utara.

Penyerahan bantuan Sembako untuk insan pers tersebut diserahkan langsung Bupati Toba, Ir. Darwin Siagian didampingi Kepala Dinas Kominfo, Lalo Hartono Simanjuntak yang berlangsung di Kantor Kominfo.

Darwin mengatakan bahwa akibat dampak Covid-19, Pemerintah Pusat memberikan bantuan sosial uang tunai sebesar Rp 600 ribu setiap bulan selama 3 bulan pada Program Keluarga Harapan (PKH). Penerima bantuan di Toba mencapai 15.731 orang. Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah memberikan bantuan untuk masyarakat Toba saat ini sebanyak 647 KK. Namun, ini disebutkan Darwin dari bantuan Sumut itu, bupati akan meminta tambah.

Dijelaskan Darwin, bantuan Sembako Pemkab Toba diperuntukkan bagi masyarakat terdampak virus Corona di 13 kelurahan di kecamatan Toba, sudah didistribusikan. Di Kecamatan Balige 6 kelurahan diterima sebanyak warga masyarakat 1.206 pada Rabu (15/4/2020) lalu. Kemudian di 7 kelurahan masing-masing kelurahan Laguboti, Sigumpar, Porsra, Ajibata, Lumban Julu dan diterima sebanyak 1.325 warga masyarakat.

Selain itu, Pemkab Toba juga menyerahkan bantuan berupa sembako kepada guru TK, PAUD sebanyak penerima 400 KK. SElanjutnya banyuan juga akan diberikan kepada guru tenaga honor baik untuk swasta dan komite.

Untuk penggunaan dana desa (DD), Bupati Darwin menyebutkan bahwa sesuai Intruksi Menteri Dalam Negeri dana desa bisa sebagian diperuntukkan untuk mengatasi pandemic Covid-19. Namun bantuan kepada masyarakat desa masih dalam pendataan pada saat ini.

Sebelumnya, kadis Kominfo Lalo Hartono Simanjuntak, juga mengharapkan kerjasama kepada media cetak dan online untuk saling memberikan informasi pada dampak virus Corona ini. Julius Parto Siahaan.

Leave a comment