Terbaru

Cegah Covid-19, Dewan Masjid Indonesia Dirikan Dapur Ummat di Masjid JIC

Dewan Masjid Indonesia mendirikan Dapur Umum di Masjid Raya JIC Jakaarta Utara.

KopiOnline JAKARTA,- Dewan Masjid Indonesia  (DMI) dalam upayanya membantu pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di tengah -tengah  masyarakat adalah dengan mendirikan dapur ummat di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre. Demikian dikatakan Syafruddin Wakil Ketua DMI ketika mengunjungi dapur ummat di JIC, Rabu (22/04/2020).

Dewan Masjid Indonesia mendirikan Dapur Umum di Masjid Raya JIC Jakaarta Utara.

Dapur ummat ini akan dilaksanakan oleh Perhimpunan Remaja Masjid Prima DMI Jakarta, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Jakarta, Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) DKI Jakarta, ISYEF kalau di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre  adalah Madaris. Rencananya kegiatan dapur ummat ini akan berlangsung selama satu bulan, dimulai hari Rabu, 23 April 2020 sampai dengan Rabu, 20 Mei 2020. Setiap hari akan menyediakan 100 sampai 1000 box makanan siap saji.

Pusat dapur ummat ini berada di kompleks Masjid Raya Jakarta Islamic Centre. Makanan siap saji ini akan diberikan kepada mereka berhak berdasarkan usulan dari Badan Managemen masjid Raya JIC.

Ketua DMI Jakarta KH Ma’mun Al Ayyubi yang mendampingi Wakil DMI Pusat menjelaskan bahwa dana dapur ummat ini berasal dari iuran para pengurus DMI, selanjutnya dari dermawan yang peduli.

Salah satu aktivitas Dapur Umum DMI di Masjid Raya JIC Jakarta.

“Modal awal dari iuran pengurus nanti selanjutnya mangajak para dermawan. Saya berharap kita bisa memasak sampai 1000 box dalam sehari sehingga jamaah masjid JIC yang terdampak ekonominya karena wabah Covid-19 merasakan manfaatnya,” terangnya.

“Yang paling banyak terdampak wabah Covid 19 adalah ummat Islam. Maka seharusnyalah masjid sebagai pusat keagamaan juga menjadi pusat penanganan penyebaran Covid-19. Saya berharap tidak hanya di masjid JIC tetapi masjid-maajid di seluruh Indonesia. Karena pengurus masjid adalah insan-insan beriman pasti kepercayaan ummat lebih tinggi dari institusi lainnya” tutup Safrudin dalam sambutannya. Kop.

Leave a comment