Terbaru

Jubir, Gina Alecia : 7 Pasien PDP di Pasaman Barat Dinyatakan Sembuh

KopiOnline PASBAR,- Berdasarkan up date data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), hari ini Sabtu (18/04/2020) bahwa 7 pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan sembuh. Sedang 9 orang yang menjalani test SWAP dinyatakan negative virus Corona.

Demikian disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covis-19 Pasbatr, Gina Alecia bertempat di Media Centre, Sabtu (18/04/2020) siang. Terkait hasil test SWAB terhadap 9 orang warga Kecamatan Talamau yang diduga kontak dengan pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19) beberapa waktu yang lalu, hasilnya dinyatakan negatif.

“Sembilan orang yang diduga kontak langsung dan tidak langsung dengan pasien positif “R” yang saat ini masih dirawat di rumah sakit Unand Padang, berdasarkan hasil SWAB maka sembilan orang itu dinyatakan negatif,” terang Gina.

Menurut Gina, test SWAB terhadap 9 orang yang dilakukan pada Kamis (16/04/2020) kemarin adalah berdasarkan dari hasil tracking atau pendataan tim gugus tugas.

“Test SWAB itu salah satu langkah sesuai protokoler gugus tugas penanganan percepatan Covid-19 untuk memutus perkembangan Covid-19. Pendataan atau tracking akan terus kita lakukan sambil melihat riwayat sosial pasien dan keluarga pasien,” katanya.

Dengan telah disampaikannya hasil SWAB tersebut, maka kita harapkan agar masyarakat menjadi tenang dan tidak panik, serta tidak lagi termakan isu atau hoax.

Diterangkan Gina, hingga hari ini Sabtu (18/04/2020) total kumulatif Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Pasbar berjumlah 191 orang dan sebanyak 144 orang sudah selesai pemantauan, sementara yang 47 orang lagi masih dalam pemantauan.

Demikian juga diterangkannya bahwa terhadap Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang delapan (8) orang, setelah dilakukan test SWAB, hasilnya dinyatakan ke delapan orang tersebut negatif, termasuk satu orang yang telah meninggal beberapa hari yang lalu.

Sedangkan pasien positif Covid-19 sebanyak satu orang dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit rujukan Rumah Sakit Unand Padang. Untuk pelaku perjalanan hingga saat ini mencapai 10.285 orang.

Jadi berdasarkan up date data terkait Covid-19 di wilayah Kabupaten Pasaman Barat hingga hari ini Sabtu (18/04/2020) total Kumulatif OTG (Orang Tanpa Gejala) : 8 orang yakni berdasarkan keterangan, 1 orang hasil SWAB positif (masuk ke pasien positif konfirmasi), 1 orang hasil SWAB negatif dan 6 orang sudah diperiksa SWAB hasil negatif. Sedangkan 1 orang positif saat ini dirawat di RS rujukan, zoelnasti.

Leave a comment