Beranda REGIONAL Masa Pandemi Covid-19, Pemkab Semarang Bebaskan Pembayaran Retribusi

Masa Pandemi Covid-19, Pemkab Semarang Bebaskan Pembayaran Retribusi

169
0

KopiOnline SEMARANG, – Dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang Jawa Tengah, memberikan keringan pembayaran beberapa retribusi kepada masyarakat. Selain itu, juga ada pembayaran retribusi yang dibebaskan.

Bahkan, ada pembayaran pajak yang diberikan keringanan serta pajak hiburan yang juga dibebaskan. Demikian dikatakan Bupati Semarang dr H Mundjirin ES SpOG didampingi Wakil Bupati H Ngesti Nugraha SH MH dan Ketua DPRD Bondan Marutohening kepada wartawan di Ungaran Kabupaten Semarang, Kamis (16/04/2020).

“Apa yang diputuskan ini, demi pelayanan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 sekarang ini. Dan ini menanggapi himbauan Gubernur Jawa Tengah Ganjar, Pranowo yang meminta seluruh kepala daerah di Provinsi Jateng untuk memberikan keringanan pembayaran retribusi kepada masyarakat pada saat pandemi Covid-19,” ujar Mundjirin.

Ditambahkan, bahwa kebijakan ini semata-mata untuk meringankan masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19. Tidak dipungkiri dengan adanya kebijakan ini, konsekuensinya diantaranya pendapatan asli daerah akan mengalami penurunan. Namun, semua ini harus dilakukan dan harapannya wabah Covid-19 dapat segera berakhir sehingga situasi dan kondisi perekonomian akan kembali pulih.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening menyatakan, bahwa pihaknya meminta kepada PDAM Kabupaten Semarang untuk memberikan keringanan pembayaran tarif khususnya, untuk para pelanggan golongan tertentu. Langkahnya ini, untuk meringankan beban masyarakat di tengah wabah Covid-19 sekarang ini, yang entah kapan akan selesai.

“Kami meminta kepada PDAM untuk dapat memberikan keringanan pembayaran tarif untuk golongan tertentu. Hal ini, tentunya akan sangat membantu meringankan beban pelanggan,” kata Bondan Marutohening kepada koranpagionline.com, Kamis (16/04/2020).

Untuk membantu meringankan beban masyarakat, pihaknya bersama anggota DPRD Kabupaten Semarang dan para pegawai Sekretariat DPRD, hingga kini masih melakukan pengumpulan donasi. Harapannya, donasi itu setelah sebulan akan diserahkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan.

“Sampai sekarang ini, sudah terkumpul Rp 9 juta dan masih akan kita kumpulkan selama satu bulan. Selanjutnya, setelah terkumpul akan kita salurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan. Sehingga, bantuan ini tidak salah sasaran,” tandas politisi PDI Perjuangan. Heru Santoso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here