Beranda MEGAPOLITAN Warga RW 06 Kel. Depok Jaya Gotong Royong Melawan Wabah Covid-19

Warga RW 06 Kel. Depok Jaya Gotong Royong Melawan Wabah Covid-19

184
0

KopiOnline DEPOK,- Warga di kawasan RW 06 Kelurahan Depok Jaya Kota Depok Jawa Barat, bahu membahu bergotong royong membangun Posko Kampung Siaga Covid-19.  Selain melakukan penyemprotan Disinfektan, warga membagikan hand sanitizer dan sembako.  

Warga RW 06 Kel. Depok Jaya kompak mendirikan Posko Siaga Covid-19 dan menutup akses jalan kecuali jalan utama.

Menurut Ketua RW 06 Kelurahan Depok Jaya, Puguh Santoso, pendirian Posko  Siaga Corona tersebut merupakan kesepakatan semua warga dari 12 RT dengan tujuan untuk  menindaklanjuti himbaun pemerintah guna memerangi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayah RW 06 khususnya dan kelurahan Depok Jaya pada umumnya.

Posko Siaga Covid-19 RW 06 Depok Jaya siap menyemprot Disinfektan ke lingkungan warga.

Sejak Posko Siaga Covid-19 berdiri berbagai kegiatan dilakukan, di antaranya himbuan pada warga lewat spanduk agar tetap tinggal di rumah.  “Jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak,” papar Puguh Santoso kepada www.koranpagionline.com Rabu (08/04/2020),

Puguh juga menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan antara lain himbuan terhadap warga agar selalu menjaga kebersihan. 

“Memakai masker, sarung tangan dan juga hand sanitizer. kami terus membagikan hand sanitizer dan penyemprotan mandiri ke rumah warga, kini bahkan sudah 4 kali melakukan penyemprotan mandiri “, jelas Puguh.

Pasukan Disinfektan beraksi melawan Covid-19 dengan melakukan penyemprotan di jalan-jalan dan lingkungan rumah warga.

Selain itu, pihak Posko juga berkoordinasi dengan pihak PMI Depok dan Damkar Depok untuk penyemportan disinfektan ke jalan-jalan di dalam area RW 06 tersebut. Selain penyemprotan, kata Puguh, Posko kini tengah membagikan berbagai sumbangan dan donasi dari warga dalam bentuk sembako. 

Sembako yang terdiri dari beras, indomie, minyak goreng, gula, kecap dan lainnya itu merupakan donasi-donasi dari warga yang ditujukan untuk warga yang membutuhkan. Mereka itu seperti para pekerja harian, warga yang tidak bekerja yang memang terkena dampak ekonomi dari serangan Corona.  Paling tidak di Posko sudah siap puluhan paket sembako yang akan dibagikan mulai hari ini, Rabu (08/04/2020).

Selain pendistribusian bantuan paket sembako dan penyemprotan, warga masyarakat di lingkungan RW 06 Kelurahan Depok Jaya, atas kesepakatan bersama menutup semua akses jalan. Hal ini dilakukan semata untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Kami hanya gunakan satu akses jalan utama untuk keluar masuk, ini untuk mengurangi resiko paparan penyebaran virus, mengingat lokasi tinggal kami berada di kawasan jalur utama”, jelas Puguh.

Sementara dari pantauan di lapangan,  warga juga mengatakan bahwa bantuan-bantuan dalam bentuk sembako dari Pemkot Depok belum turun. 

Sembako yang siap dibagikana pada warga yang membutuhkan.

“Baru pendataan saja, itupun terbatas, secara acak. Permintaan data-data terhadap warga yang membutuhkan juga sedikit,  “,  jelas Aryo, warga di RW tersebut.

Aryo berharap dalam kondisi bencana seperti ini, pemerintah kota setempat bisa cepat dan tanggap.

“Jangan urusan bencana seperti ini dijadikan selebrasi para pejabat kota saja, misal sibuk berphoto seolah-olah memberikan bantuan, padahal itu bantuan dari warga untuk warga”, tegasnya. 

Warga pun  juga menutup kawasan RW tersebut atau pemberlakukan karantina wilayah di RW tersebut ditujukan agar penyebaran  virus bisa terhenti. Gab/Kop. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here