Terbaru

Gunernur DKI Anies Harap Riza Patria Segera Dilantik dan Langsung Bekerja

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

KopiOnline JAKARTA,- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengucapkan selamat atas terpilihnya Politis Partai Gerindra Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akan mendampinginya hingga tahun 2022 mendatang.

Selain itu, Anies Baswedan juga berharap bisa bekerjasama dengan Riza dalam mengelola Ibu Kota ke depannya.

“Pemilihan penghitungan suara sudah selesai dan terpilih Bapak Ahmad Riza Patria, saya mengucapkan selamat dan Insya Allah kita bisa kerjasama dengan baik,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (06/04/2020).

Anies Baswedan meminta DPRD DKI segera menyelesaikan proses selanjutnya agar Riza Patria bisa langsung berkolaborasi dengannya. Namun demikian, Anies Baswedan menyerahkan sepenuhnya prosedur kepada dewan dan panitia pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Saya berharap proses berikutnya bisa tuntas supaya terus mulai bekerja. (Pelantikan). Belum tahu karena biar enggak salah ya,” jelas dia.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018, kata Anies, proses ini dilanjutkan dengan laporan kepada Presiden. Kemudian proses selanjutnya akan ada pelantikan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih.

“Proses ini dilanjutkan dengan pengusulan kepada presiden melalui Mendagri sesudah itu pelantikan,” beber dia.

Diungkapkan Anies bahwa pemilihan wakil gubernur sudah berjalan dengan baik. Menurutnya, tidak ada peraturan yang dilanggar meski pemilihan dilakukan di tengah instruksi social distancing karena wabah Corona di Ibu Kota.

“Pokoknya yang penting secara prosedur ditaati dengan benar, karena itu pegangannya.” tutup dia.

Riza menang telah atas Nurmansjah Lubis dengan meraup 81 suara, sementara Nurmansjah mendapatkan 17 suara. Ada 100 orang anggota DPRD DKI yang hari ini memberikan suaranya, dari total pemilih tersebut terdapat dua kertas suara yang tidak sah.

Pergantian ini bermula dari mundurnya Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur untuk mengikuti Pemilihan Presiden pada 2018 lalu. Kemudian, PKS menjadi partai yang berhak untuk mengajukan nama calon wakil gubernur DKI.

Dalam prosesnya sempat ada sejumlah nama yang diajukan PKS yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Namun pembahasan di DPRD DKI mandek sehingga PKS-Gerindra merestui dua nama baru yakni Nurmansjah Lubis dan Ahmad Riza Patria. Otn/kop.

Leave a comment