Terbaru

Erick Tohir: RS Pertamina Tambah 400 Tempat Tidur, ICU Dilengkapi Ventilator

Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN Erick Thohir

KopiOnline JAKARTA,- Untuk menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia, beberapa waktu lalu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai memperkuat koordinasi dengan jaringan rumah sakit dan laboratorium swasta.

Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN Erick Thohir mengatakan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, menggelar rapat koordinasi bersama dengan BUMN Farmasi, RS BUMN, beberapa RS dan Laboratorium Swasta.

“Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, hari ini, saya menggelar rapat koordinasi untuk membentuk sinergi penanganan Covid-19 bersama dengan BUMN farmasi, beberapa RS, dan, laboratorium swasta,” ujar Erick melalui akun instagramnya.

Rapat melalui teleconference untuk membentuk sinergi dalam penanganan virus corona (Covid-19). Diharapkan langkah ini bisa mengatisipasi penambahan pasien Covid-19 di Indonesia.

“Teleconference hari ini kita ingin mencoba mensinergikan bagaimana dengan eskalasi yang terus meningkat untuk covig ini. Kita coba untuk mapping apa yang kita punya apa, yang swasta punya. tidak hanya jumlah rumah sakit, jumlah tempat tidur ventilator dll, tapi juga mengenai test lab,” kata Erick.

Erick menyatakan pemerintah mengantisipasi jumlah lonjakan pasien dengan menambah kapasitas RS Darurat Corona Wisma Atlet. Sedikitnya akan ada penambahan 2.600 tempat tidur dalam waktu dekat.

Kemarin, kata Erick, di wisma atlit itu sudah eskalasi peningkatan, dimana pada tower 7 siap untuk 1300 pasien dan di tower 6 untuk 1300 pasien.

“Sejak tadi malam kita sudah eskalasi peningkatan, di mana di Tower 7 itu akan siap untuk 1.300 pasien, di Tower 6 1.300 pasien dan di situ ada 100 tempat tidur, yang difasilitasi dengan 20 ventilator,” ujarnya.

“Pemerintah juga tengah mempersiapkan penambahan kapasitas dengan menggunakan Tower 5 Wisma Atlet jika diperlukan,” sambungnya.

Lanjut Erick, jaringan RS milik BUMN juga akan menambah kapasitas untuk pasien virus corona. RS Pertamina mulai pekan depan akan menambah sekitar 400 tempat tidur untuk intensive care unit (ICU) yang dilengkapi ventilator.

“RS Pertamina merupakan salah satu dari 35 RS BUMN yang siap menerima pasien virus corona,” kata Erick. Otn/kop

Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN Erick Thohir Saat Menggelar Rapat Koordinasi Bersama dengan BUMN Farmasi, RS BUMN, Beberapa RS dan Laboratorium Swasta melalui Video Conference

Leave a comment