Terbaru

Jajaran Kodim 0305 Pasaman Bersama PMI Menggelar Aksi Donor Darah

KopiOnline PASBAR,- Untuk mengantisipasikekurangan darah di tengah pandemic virus Corona, Kodim 0305 Pasaman Sumatera Barat, menggandeng PMI menggelar donor darah yang berlangsung di Makodim dan Makoramil 02 SE, Jumat (03/004/2020).

Dandim 0305 Pasaman, Letkol Inf. Ahmad Aziz, melaporkan bahwa donor darah yang diikuti jajarannya berlangsung lancer. Bahkan aksi sosia; ini dihadiri Wabup Pasaman, Atos Pratama, Kapolres Pasaman, Kasdim, Pasi Kodim serta Persit dan jajaran Kodim setempat.

Aksi donor darah, kata Dandim, antara lain bertujuan untuk membantu PMI maupun RS yang saat ini mengalami kekurangan stok darah akibat maraknya wabah Covid 19 serta penerapan phisycal distancing sehingga mengurangi orang melaksanakan donor darah.

Donor darah ini secara serentak dilaksanakan di seluruh jajaran TNI AD sehingga hal ini diharapkan akan membantu stock darah secara Nasional.

“Kegiatan sosial ini kita lakukan untuk mencegah kekurangan stok darah di tengah antisipasi penyebaran virus Corona saat ini,” terang Ahmad Aziz. 

Dandim 0305 menerangkan bahwa sesuai dengan kebutuhan, yakni membantu stock darah secara nasional, kita mengusung tema ‘ Membantu Ketersediaan Darah PMI Akibat Pandemi Covid-19’.

Demikian Dandim 0305 Pasaman, Letkol Inf.Ahmad Aziz menyampaikan hal ini kepada awak media AJO Pasbar Jumat, (03/04/2020).

“Saat ini, ketersediaan darah di Pasaman memang kurang akibat masyarakat masih enggan mendonor darah di tengah pandemi Covid-19,” terang Dandim. 

Menurut A. Aziz darah yang diperoleh saat ini sekitar 31 kantong, ini selain hanya yang di Koramil juga dari personil yang benar-benar fit saja yang mendonorkan darahnya. Sebab, sebagian personil saat ini masih bertugas di lapangan dalam kegiatan penanggulangan Covid-19.

Dandim menyebutkan darah yang terkumpul sebanyak 31 kantong itu akan akan disumbangkan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat terbantu dengan kekuramgan darah, terutama untuk pasien leukemia, pasien lakalantas, dan pasien yang menjalani operasi.

“Kami rasa dengan donor darah ini, hendaknya bisa meringankan beban pasien yang berobat di RSUD Pasaman dan rumah sakit lainnya di Pasaman” jelasnya.

Serektaris PMI Pasaman kepada wartawan, Jumat (03/04/2020) menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19, UTD PMI Pasaman mengalami kekurangan stok darah.

“Kita berharap donor darah tetap bisa kita laksanakan, mengingat kebutuhan darah bagi masyarakat di beberapa RSU di Pasaman dan kita sangat berterimakasih kepada Kodim 0305 Pasaman dan jajarannya yang telah menggelar aksi donor darah ini.” ujarnya. Zoelnasti.

Leave a comment