Terbaru

Pulang dari Amerika Serikat, Seorang Warga Salatiga Diduga Positif Corona

Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM

KopiOnline SALATIGA,- Warga Kota Salatiga Jawa Tengah geger, dengan kabar adanya seorang warga yang positif terjangkit virus Corona (Covid-19). Seorang warga tersebut merupakan akademisi dan baru saja pulang dari Amerika Serikat (AS).

Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM menyatakan, bahwa memang benar ada seorang warga Salatiga yang diduga kuat terjangkit positif virus Corona (Covid-19). Hal ini dibuktikan dari hasil tes yang mengarah positif ke Covid-19.

“Untuk detailnya, kami belum bisa membukanya. Sampai sekarang masih menunggu hasil pemeriksaan sampel dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI,” kata Yuliyanto kepada koranpagionline.com, Senin (30/03/2020).

Ditambahkan, bahwa pasien yang diduga positif Corona itu usai perjalanan dari dan ke Amerika Serikat (AS). Ketika mengalami gejala mengarah pada Covid-19 maka langsung diminta mengisolasi mandiri. Setelah masa isolasi mandiri selesai dan belum ada tanda kesehatan membaik lalu dilakukan perawatan di Rumah Sakit Paru Dr Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga.

“Dari hasil pemeriksaan Laboratorium Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga yang bersangkutan dinyatakan positif terjangkit virus Corona (Covid-19),” jelasnya.

Menurutnya Yuliyanto, pihaknya belum dapat mengumumkan secara terbuka satu pasien diduga positif Corona tersebut karena memang belum selesai semua prosesnya. Namun, secara khusus Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga telah melangkah agar tidak terjadi penularan. Salah satunya dengan mengisolasi pasien positif Corona itu. Juga melakukan penelusuran terhadap warga yang sempat berinteraksi dengan pasien yang riwayatnya baru saja perjalanan dari AS ini.

“Pasien itu merupakan akademisi di salah satu perguruan tinggi di Salatiga. Informasi yang kami seperti itu, dan petugas medis sudah melakukan penelusuran lanjutan. Kita tunggu saja penjelasan resminya,” tandasnya. Heru Santoso.

Leave a comment