Beranda REGIONAL Sebahagian Besar Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat Lakukan Reses

Sebahagian Besar Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat Lakukan Reses

236
0

KopiOnline PASBAR,- Masa-masa reses Dewan Perwakilan Rakyat merupakan masa penting yang sejatinya fungsional dalam menjaring aspirasi masyarakat. Hal tersebut sangat disadari oleh para anggota Dewan yang berkantor di Gedung Mahoni Padang Tujuh Sukamenanti Pasbar.

Dari 40 anggota Dewan, sebagian besar anggota menjalankan dengan benar-benar memanfaatkan momen untuk mendengarkan harapan masyarakat yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) mereka masing-masing.

“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD. Setiap tiga bulan, anggota Dewan turun ke Dapil untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan,” kata salah seorang anggota Dewan DPRD Kabupaten Pasbar, Dodi Wahyudi pada awak media, Minggu (22/03/2020) di Kantor KAN Kinali, jorong Langgam Nagari Kinali Kecamatan Kinali Pasbar.

Wahyudi menjabarkan, dari suara-suara masyarakat yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut, kemudian akan direkap dan dibuat laporannya, dan diteruskan pada pimpinan di Dewan.

“Selanjutnya kita akan teruskan ke Kepala Daerah, yang kemudian Kepala Daerah akan meneruskan pada OPD terkait,” ujar anggota Dewan dari dapil II yang akrab dipanggil Dodi tersebut.

Dodi Wahyudi yang mengawali masa kegiatan resesnya di Kecamatan Kinali menyatakan kegiatan reses sangat penting dan harus dimanfaatkan.

“Reses ini momen kita bertemu masyarakat secara massal. Jaran-jarang lho, kita bertemu konstituen yang selama ini mendukung kita. Dengan kesibukan agenda di Dewan, ini momen yang harus kita manfaatkan,” tutur Dodi

Berbagai isu seperti fasilitas umum (fasum), harapan dibina, bahkan dukungan moral disampaikan oleh masyarakat kepada Dodi

“Mendengarkan keluh-kesah, aspirasi warga, itu memang tugas anggota Dewan. Dalam kegiatan ini kita fokus mendengarkan untuk kemudian disalurkan. Bukan sekedar mengadakan pertemuan tanpa hasil membangun di masa depan,” lanjut Dodi Wahyudi.

Masalah-masalah signifikan di bidang pendidikan, misalnya, ditemuinya saat reses berjumpa dengan perwakilan masyarakatnya yang ada di Jorong Langgam kecamatan Kinali tersebut. Di hadapan Edi Busti Kepala BPBD Pasbar, Defrizal Babinsa, Asrul yang di Pertuan Kinali, Ninik Mamak S3 Kanagarian Kinali, Muslim Kabid BPBD, Fajri Kasubag Umum BPBD dan para guru-guru, kepala sekolah, maupun elemen masyarakat lain,serta lebih kurang 200 orang warga yang hadir saat itu.

Seluruh keluhan masyarakat dan harapannya, Insyahallah ia bersama para anggota Dewan lainnya akan menindaklanjuti secara maksimal.

Selain menampung aspirasi masyarakat Dodi Wahyudi juga memberikan informasi terkait Wabah Covid 19 yang saat ini menjangkit di banyak Negara hingga mengganggu aktifitas masyarakat. Makanya pada kesempatan reses ini Dodi membawa serta rombongan BPBD Pasbar yang dikomandoi oleh Edi Busti untuk mensosialisasikan informasi terkait isu Corona hingga tak salah menerima informasi. Zoelnasti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here