Terbaru

Mulai 3 April 2020, Wings Air akan Buka Rute Pontianak ke Palangkaraya

Wings Air tipe pesawat ATR 72, foto oleh Ari Chandra.

KopiOnline PONTIANAK ,– Pontianak dan sekitarnya di Kalimantan Barat (Kalbar) telah menggugah perhatian untuk dikunjungi. Menguatkan predikat sebagai Kota Khatulistiwa dan Kopi Pancong, khusus pecinta kopi, Jalan Gajah Mada tempat paling asyik, apalagi malam hari.

Disinilah tersaji menu kopi bercita rasa khas. Wilayah berjuluk seribu sungai di belahan Borneo Barat ini, jelas menonjolkan wisata air yang unik. Selain itu pengunjung dapat menyambangi wisata sejarah dan budaya, di antaranya Rumah Betang Radakng, replika rumah adat suku Dayak, Museum Negeri Pontianak, Makam Kesultanan Batulayang, Keraton Kadriah, Vihara bodhissatya Karaniya Mettta.

Setelah Pontianak, saatnya berkunjung ke Palangkaraya. Kalimantan Tengah adalah salah satu kota tujuan favorit dan menarik untuk dijadikan sebagai tujuan traveling dalam negeri. Jelajahi Taman Nasional Sebangau, hutan rawa gambut dengan menikmati suasana sejuk. Selain itu, di Palangkaraya tersedia makanan Juhu Umbut, terbuat rotan muda, hintalu karuang terdiri dari bulatan – bulatan kecil dari tepung ketan serta masih banyak sajian lainnya.

Berlatar keunikan tersebut, Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group akan memulai layanan perdana dari Pontianak ke Palangkaraya, secara berjadwal dengan frekuensi satu kali dalam seminggu pergi pulang (PP). Rute baru efektif 3 April 2020.

Rute pertama Wings Air dimulai dari Bandar Udara Internasional Supadio di Kubu Raya, Kalimantan Barat (PNK) pukul 15.20 waktu setempat (Waktu Indonesia Barat/ WIB, GMT+ 07). Wings Air menggunakan nomor penerbangan IW-1448 dan akan mendarat di Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah pukul 16.55 WIB.

Di hari yang sama, Wings Air melayani penerbangan sebaliknya. Wings Air nomor IW-1449 dari Palangkaraya dijadwalkan mengudara pada 17.15 WIB, kemudian diperkirakan tiba di Supadio pukul 18.55 WIB. Layanan Pontianak – Palangkaraya – Pontianak akan menempatkan Wings Air sebagai maskapai satu-satunya yang menerbangi kedua kota.

Dalam upaya memberikan pilihan penerbangan tersendiri, Wings Air menawarkan perjalanan udara kurang lebih 60 menit dengan mengoperasikan pesawat ATR 72-500 atau 600. Armada ini memiliki kapasitas 72 kursi kelas ekonomi bertata letak 2-2.

Kenyamanan penerbangan, setiap tamu atau penumpang dapat menikmati penerbangan semakin berkesan, karena interior kabin didesain futuristik dan modern. Selain itu, pesawat terbang rendah, sehingga memungkinkan bisa melihat pemandangan.

Untuk itu, segera wujudkan impian menjelajahi Pontianak dan Palangkaraya bersama Wings Air. Dalam mempersiapkan perjalanan lebih menyenangkan, setiap wisatawan dan pebisnis (travelers) dapat memulai rencana penerbangan lebih awal. Wings Air menyediakan layanan menurut kebutuhan, apabila akan membawa bagasi maka dapat membeli. Sebaliknya, jika bepergian tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi.

Bagi travelers yang akan membawa bagasi bisa membeli voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Travelers juga bisa membeli dengan harga lebih hemat pada saat dan setelah pembelian tiket (issued ticket), dengan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

Ketentuan barang bawaan ke kabin (hand carry), aturan yang berlaku yaitu setiap pelanggan (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) sesuai ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin.

Wings Air telah mempersiapkan operasional untuk rute baru mendatang, yang tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Wings Air menyampaikan rasa terima kasih kepada atas dukungan dan kerjasama berbagai pihak meliputi pengelola bandar udara, pemerintah setempat dan regulator, pengatur lalu lintas udara serta mitra terkait, diharapkan inaugural flight dapat berjalan lancar.

Rute baru Wings Air yang diterbangi secara langsung point to point bisa memperkuat layanan yang sudah berjalan (existing), seiring mendukung pemerataan kawasan ekonomi baru, peningkatan potensi pariwisata dan akan membantu peningkatan sektor bisnis lainnya di Kalimantan.

Wings Air sangat bangga membuka rute intra Kalimantan, menghubungkan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Kehadiran di kedua layanan penerbangan ini dinilai mampu mengakomodir kebutuhan perjalanan udara bagi travelers dalam bepergian, yang memberikan nilai lebih bisa mempersingkat waktu, memperpendek jarak serta efisien.

Jaringan baru tersebut, bagi Wings Air merupakan bagian ekspansi bisnis guna memperkuat sebagai penghubung (feeder) hingga daerah setingkat kecamatan atau kabupaten. Dengan demikian, akan mempermudah konektivitas untuk penerbangan lanjutan (connecting flight) bersama anggota Lion Air Group yakni Lion Air, Batik Air dan Wings Air.

Melalui Bandar Udara Supadio, dapat melanjutkan ke Sintang, Putusibau, Ketapang, Kuching di Malaysia, Jakarta, Batam, Medan, Banda Aceh, Yogyakarta Kulonprogo, Surabaya, Semarang, Balikpapan. Sedangkan dari Bandar Udara Tjilik Riwut, tersedia penerbangan berikutnya ke Balikpapan, Pangkalan Bun, Sampit, Semarang, Solo, Jakarta dan Surabaya. Demikian Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro. kop

Leave a comment