Terbaru

DEA DAN GANI SEBAGAI GRAND FINAL DUTA GENRE PASBAR

KopiOnline PASBAR,- Ketua Panitia sekaligus sebagai Kepala DP2KBP3A dr Anna Rahmadia dalam laporannya menyampaikan bahwa Duta Genre tahun 2020 ini mewakili siswa dan mahasiswi.

“Duta Genre tahun ini yang masuk grand final sebanyak 20 pasang yang mewakili siswa dan mahasiswa, kita harapkan duta Genre ini bisa menyampaikan program Genre ke depan,” kata dr Anna Rahmadia.

Bupati Pasaman Barat, H. Yulianto, SH. MM. membuka secara resmi Grand Final Duta GenRe Kabupaten Pasbar tahun 2020 yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Kab. Pasbar, Yudesri, S.IP.M.Si.

Acara Grand Final Duta GenRe tahun 2020 ini dilaksanakan di Gedung Balairong Tuah Basamo Simpang Empat, Sabtu (07/03/2020).

Dalam sambutannya Bupati melalui Sekda mengatakan bahwa dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut program yang mengedepankan pembentukan karakter generasi muda khususnya dalam menempa remaja yang tangguh hingga mampu berkontribusi dalam pembangunan yang handal serta berguna bagi nusa,bangsa dan agama, khususnya remaja Kabupaten Pasbar.

Ia melanjutkan, melalui Duta Genre inilah diharapkan menjadi salah satu ajang mencari Sumber Daya Manusia (SDM),karena generasi emas ini merupakan generasi yang memiliki daya pikir kuat.

Berdasarkan hal tersebut maka Badan Kordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama PPKBP3A Kab.Pasbar dan instansi terkait lainnya mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe).

Program Genre ini adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja dengan memahami pendewasaan usia pernikahan hingga mampu menyiapkan remaja untuk mengutamakan pendidikan secara berencana, berkarir, melalui pendekatan karakter dengan kata lain melakukan perencanaan pernikahan dengan penuh pemenuhan materi dan life skill sesuai siklus reproduksi.

“Yang pada akhirnya nanti generasi berencana ini sebagai bibit-bibit unggul pemimpin bangsa, bibit unggul dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa,” kata Yudesri.

Semua hal tersebut akan tercapai bila di dalam programnya GenRe dilakukan sesuai dengan kecendeungan minat kesukaan remaja dan permasalahannya, yang pengembangan melalui Pusat Informasi dan konseling.

Dikatakannya bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pemilihan Duta besar GenRe Kabupaten Pasaman Barat kembali dilaksanakan, karena kegiatan ini memang terbukti remaja Pasbar sudah mampu ikut bersaing di tingkat yang lebih tinggi.
Di mana tahun lalu Duta Genre Pasbar menjadi juara umum tingkat Sumbar.

Kegiatan Grand Final Duta GenRe Kabupaten Pasbar 2020 kali ini juga disaksikan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Barat, Sifrowati Yulianto yang sekaligus sebagai Bunda Genre

Malam final pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Pasaman Barat 2020 yang diikuti sebanyak 20 Gran Finalis yang masing-masing berpasangan sesuai dengan yang telah ditentukan oleh Juri.
Setelah melalui beberapa sesi akhirnya Juri bersidang untuk menentukan lima besar.

Setelah pengumuman lima besar masuklah pada sesi menentukan yakni sesi tanya jawab dan akhirnya Dea dan Gani berhasil menjadi pemenang.

Turut hadir menyaksikan penampilan duta Genre ketika di uji oleh dewan juri pada malam puncak tersebut selain Sekda Kab. Pasbar, Yudesri beserta istri, Dandim 0305 Pasaman, Letkol. Inf. Ahmad Azis beserta istri, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Drs.Budi Mulia, M.S.I. Kepala DPPKBP3A, dr. Anna Rahmadia, Kepala OPD, serta stakeholder lainnya.

Sementara itu, perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Budi Mulia mengatakan bahwa Duta Genre merupakan generasi yang disiapkan untuk bisa menata masa depan dan menularkan semangat tersebut kepada orang lain.

“Duta Genre ini perwakilan kita di dalam mensosialisasikan program Genre di manapun berada,karena generasi genRe merupakan generasi yang berencana dan direncanakan,”papar Budi Mulia.

Yudesri saat selesai menyerahkan piagam dan hadiah kepada ke dua Gtand Finalis Dea dan Gani saat dihubungi media ini mengatakan bahwa melalui Duta Genre inilah salah satu langkah pemerintah untuk membina generasi bangsa.

Harapan kita, kepada ke dua Duta Genre Pasbar ini agat bisa membawa nama baik Pasbar ke depan,apalagi tahun lalu Duta Genre kita menjadi pemenang di tingkat yang lebih tinggi, terangnya. Zoelnasti.

Leave a comment