Terbaru

Bupati Pasbar Apresiasi Pelepasan Anak Tukik di Pantai Indah Maligi

KopiOnline PASBAR,- Bupati Kabupaten Pasaman Barat H. Yulianto, SH., MM., hadiri acara pelepasan Anak Tukik atau yang biasa dikenal sebagai anak penyu ini di kawasan wisata pantai Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat, Minggu, (08/03/2020.

Pelepasan penyu dalam rangka HUT Persit yang ke 74 tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pasaman Barat,H.Yulianto SH.MM. Selain itu menurut Bupati kegiatan pelepasan anak penyu ini diadakan untuk menjaga populasi penyu dihabitat aslinya, sehingga hewan yang dilindungi ini dapat terbebas dari ancaman kepunahan.

Kegiatan ini, lanjut bupati, juga sejalan dengan langkah dan program pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dalam menjaga dan memberikan edukasi terkait pentingnya pelestarian penyu di daerah tersebut.

Yulian mengapresiasi masyarakat Maligi atas dukungan mereka terhadap tokoh masyarakat, pemuda yang tergabung di komunitas Panda Art Green yang pada tahun 2019 lalu berhasil keluar sebagai juara I Pemuda pelopor Sumbar.

“Yang menandakan ekosistem laut itu bersih, salah satunya adalah kehadiran penyu tersebut,” kata yulianto.

Pemkab Pasaaman Barat (Pasbar) akan bekerja sama dengan lembaga konservasi hewan penyu untuk bersama-sama menjaga habitat penyu ini, karena penyu-penyu ini akan memakan ubur-ubur yang ada di sepanjang pantai Maligi. Sebab, bila ubur-ubur jumlahnya banyak akan mengakibatkan tangkapan ikan nelayan menjadi berkurang.

“Dengan adanya kegiatan ini tentu ke depan akan dapat menjadikan pantai Maligi memiliki daya tarik tersendiri bagi kemajuan wisata pantai, khususnya wisata di Kabupaten Pasbar. Untuk itu kami dari pihak pemerintah akan siap mendukung kegiatan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dari sektor wisata ini dengan mempersiapkan program pembangunan jalan di pantai barat. Khususnya pemerintah akan berupaya memperbaiki akses jalan yang layak secara bertahap, sehingga masyarakat akan berbondong-bondong datang berwisata ke pantai Maligi ini,” kata Bupati.

Di samping itu Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf. Ahmad Aziz, mengatakan bahwa ia dan jajarannya siap mendukung kegiatan ini, terlebih kegiatan tersebut sejalan dengan program TNI yaitu tentang literisasi lingkungan hidup yang bertujuan untuk kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat serta menjaga kelesrarian lingkungan.

“Program ini sangat bagus, kami dari TNI khususnya Dandim 0305 Pasaman sangat mendukung kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat berlanjut untuk seterusnya,” ucap Letkol. Inf. Ahmad Aziz.

Sementara Kapolres Pasaman Barat AKBP Fery Herlambang, S.i.k,. MM, juga menyampaikan bahwa kegiatan bersifat positif agar dapat dilanjutkan. Sebaliknya Kapolres sangat menyayangkan adanya beberapa oknum masyarakat yang mengambil telur penyu, bahkan ke depan pihaknya akan menindak tegas masyarakat bila ditemui ada yang merusak atau mengambil telur penyu.

“Jika kegiatan pengambilan telur penyu ini terus berlanjut, kami dari Polri khususnya Polres Pasaman Barat akan menindak tegas oknum-oknum masyarakat tersebut,” kata Kapolres.

Pemuda Pelopor Maligi Surya saat ditemui media ini mengatakan, bahwa kegiatan pelepasan penyu yang berjumlah 20 ekor merupakan tahap dari agenda konservasi penyu di pantai Indah Maligi.

“Sebelumnya kami selama hampir dua tahun telah melakukan kegiatan pelepasan penyu dan hingga kini kami telah melepaskan kurang lebih 1.500 ekor anak penyu ke laut Maligi,” kata Surya.

Pelepasan penyu, selain dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat, H. Yulianto, SH.MM, beserta istri, dan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Pasbar, Sekda Kab. Pasbar, Yudesri beserta istri, Dandim 0305 Pasaman, Letkol. Inf. Ahmad Aziz beserta istri dan jajarannya, Kapolres Pasbar beserta jajarannya, terlihat juga Wakil Ketua DPRD Pasbar, Endra Yama dan sejumlah masyarakat, Pj. Wali Nagari Persiapan Maligi, Camat dan tokoh Pemuda Maligi. Zoelnasti

Leave a comment