Terbaru

Kampung Tosca Cipete Utara, Terpilih Sebagai RW Unggulan Pertama

KopiOnline JAKARTA,– Kampung Tosca yang terletak di RW 07, Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru Kotamadya  Jakarta Selatan terpilih sebagai RW unggulan pertama untuk mewakili Jakarta Selatan dalam Rembuk Awards Tahun 2020 ditingkat Propinsi yang akan digelar pada awal April mendatang.

“Alhamdulillah, RW 07 Cipete Utara menjadi unggulan pertama,” kata Burhan Saidi LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan) Cipete Utara, RW. 07 di Jakarta, Jumat (14/02/2020).

Burhan menyampaikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada Ketua RW 07 bapak G. Eko Raharjo bersama jajaran yang telah mampu meraih prestasi yang luar biasa ini.

“Bahwa tema yang kami angkat adalah Gerakan Kampung Tosca yang didalamnya terdapat Pembangunan wilayah menuju pada Kampung Bersih, Sehat dan Hijau,” ujar Burhan.

Ia menjelaskan, penamaan Gerakan Kampung Tosca berawal dari banyaknya usulan warga di dalam rembuk RW meskipun kata dia, belum terakomodir dalam templated dan usulan langsung.

Akan tetapi terang Burhan, warga RW 07 Kelurahan Cipete Utara tidak patah semangat, terus menciptakan Gerakan bersama Para Tokoh Masyarakat, PKK, LMK, RT & RW dengan nama Kampung Tosca.

“Kampung Tosca bukan sekedar mewarnai dinding dengan warna tosca dinding yang kotor dengan penuh coretan semata. Tetapi mendorong kebersamaan dalam 3 Gerakan. Bersih, Hijau dan Sehat,” tegasnya.

Berikut ini tiga Gerakan Kampung Tosca yang dikerjakan warga RW 07 Cipete Utara sehingga terpilih menjadi RW unggulan pertama untuk mewakili Jakarta Selatan dalam Rembuk Awards Tahun 2020 di tingkat Propinsi:

Gerakan Kampung Tosca Bersih:

Warga RW 07 Cipete Utara diminta untuk selalu menjaga kebersihan dan juga mencanangkan Kerja Bakti dengan sebutan Jum’at bersih. Pengumpulan sampah sehingga melahirkan Bank Sampah Saraswati 07 yang mampu menampung sampah kering sebesar 2-2,5 Ton/ bulan. Pemasangan conblok secara swadaya untuk jalan becek, kumuh yang tidak bisa masuk dalam template. Gotong Royong Swadaya mengecet dinding rumahnya dengan warna TOSCA

Gerakan Kampung Tosca Hijau:

Penghijauan lingkungan Urban Farming Mendorong Poktan dalam kreasi penanaman tanaman obat-obatan, hingga menciptakan Minuman Sehat dan segar.

Gerakan Kampung Tosca Sehat:

Mendorong pola hidup sehat dengan selalu mengingatkan warganya untuk ikut berbagai kegiatan, baik yang difasilitasi oleh pemerintah maupun swadaya dari masyarakat itu sendiri seperti :

Gerakan Kampung Tosca Sehat Jasmani :

Posyandu Balita Posyandu Lansia Pos Windu, Jumantik/ PSN Senam SKJ, Jalan santai, Bersepeda, Rumah Panda (rumah anak dewasa) /kader keshatan setiap RT yang dibina oleh Puskesmas Kelurahan.Taman bermain Anak.

Gerakan Kampung Tosca Sehat Rohani :

Mendirikan PAUD HARAPAN Bangsa

Magrib Mengaji Diniah, Remaja, Ibu-ibu & Bapak-bapak secara swadaya. Kegiatan Kuliah Subuh, Peringatan Maulid Nabi, Ruwahan warga menjelang Ramadan setiap tahun Qurban bersama warga di setiap RT

RW 07 memiliki 15 RT dengan penduduk lebih kurang sekitar 8000 jiwa. Tidak mudah menggerakkan warga dan memunculkan kesadaran untuk melakukan semua hal di atas. Kecuali atas kesungguhan & ketelatenan Ketua RW 07. Eko yang telah mampu membuka pola pikir warganya hingga muncul kemauan dari mereka sendiri. Tentunya bila gerakan itu dari masyarakat, maka masyarakat juga yang akan selalu menjaga dan merawatnya.

Keunikan lainnya dari Kampung Tosca RW. 07 adalah tiap-tiap RT di RW 07 memiliki ciri kas Kampung masing-masing sbb :

01 Kampung Madani

RT. 02 Kampung Ngaji bersama

RT. 03 Kampung Kreasi

RT. 04 Kampung Inter aksi

RT. 05 Kampung Sehat

06 Kampung Peduli Keamanan

RT. 07 Kampung Bersih

RT. 08 Kampung Budaya

RT. 09 Kampung Asri

RT. 010 Kampung Santri

011 Kampung Kuliner

RT. 012 Kampung Edukasi

RT. 013 Kampung Bersama

RT. 014 Kampung Gotong Royong

RT. 015 Kampung Pandan Wangi

Menurut Burhan, keinginan warga masyarakat yang kuat untuk bisa berada dalam lingkungan yang nyaman, aman, damai, bersih dan sehat, Alhamdulillah telah tampak membuahkan hasil yang positif.

Selain itu lanjuut Burhan menuturkan, semua kegiatan untuk menggerakkan masyarakat selain pendekatan yang intensif dari seorang RW. 07, G. Eko Raharjo. Juga berkat bimbingan dan pembinaan dari para ASN Kelurahan Cipete Utara.

“Terima kasih kepada perangkat kelurahan dan lintas sektoral yang telah merekomendasikan RW.07 menjadi perwakilan Cipete Utara dalam Rembuk RW Awards 2020 maju ke tingkat Kecamatan hingga sampai ke tingkat Propinsi,” imbuhnya.

Dia beharap, semoga karya bhakti Pamong Cipete Utara, ASN Kelurahan Cipete Utara dan jajaran lainnya membawa keberkahan untuk warga Cipete Utara, khususnya RW. 07. Dan juga terang dia, kepada warga RW. 07 mulai dari RT. 01 hingga RT. 015, Penggerak PKK, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, saya LMK 07 mengucapkan terima kasih atas kebersamaan kita dalam membangun lingkungan Kampung TOSCA.

“Semoga Allah SWT mencatat ini semua sebagai ladang Amal kita semasa hidup mengabdi untuk masyarakat dan lingkungan,” pungkasnya. kop


Leave a comment