Terbaru

Atraksi Debus, Pencak Silat & Kehadiran Kapolri Warnai Puncak HUT Satpam

Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis,M.Si., Melakukan Pemotongan Tumpeng pada Acara Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (HUT Satpam) ke-39 …

KopiOnline JAKARTA,- Upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (HUT Satpam) ke-39 Tahun 2019 digelar di Lapangan Hitam Sepolwan Lemdiklat Polri, Jakarta, Rabu (22/01/2020).

Upacara dipimpin oleh Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi dan dihadiri ribuan Satpam dari berbagai daerah serta sejumlah Satpam wanita berparas cantik.

Turut hadir Wakapolri Komjen Pol Dr Drs Gatot Eddy Pramono MSi, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, Kabareskrim Polri Komjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo MSi, Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Drs Herry Wibowo MH dan pejabat Polri lainnya.

Kegiatan diawali dengan upacara bendera, disusul peragaan keterampilan Satpam dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang potongan pertamanya dilakukan oleh Kapolri.

Adapun peragaan yang ditampilkan adalah beladiri Polri dan seni pencak silat Betawi dari Satpam Polda Metro Jaya, tari Jaipong dari Satpam Wanita Polda Jawa Barat, dan Debus dari Satpam Polda Banten.

“Selaku pimpinan Polri, dengan rasa bangga, saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-39 kepada seluruh anggota Satuan Pengamanan di mana pun saudara bertugas. Semoga Satpam senantiasa profesional dalam bertugas dan eksistensinya semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Jenderal Pol Idham Azis mengawali amanatnya.

Kapolri juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan, serta segenap stakeholders terkait lainnya, atas kerja sama sinergis dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif.

“Semoga sinergisitas ini senantiasa terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan,” kata Idham Azis.

HUT Satpam sendiri sebenarnya diperingati setiap tanggal 30 Desember, berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor SKEP/126/XII/1980 tanggal 30 Desember 1980 tentang Pola Pembinaan Satpam, yang menjadi cikal-bakal sejarah terbentuknya Satpam. Yang menjabat sebagai Kapolri saat itu adalah Jenderal Pol (Purn) Prof Dr Awaloedin Djamin.

Kemudian pada tanggal 30 Desember 1993, Polri mengukuhkan Jenderal Pol (Purn) Awaloedin Djamin sebagai Bapak Satpam dan tanggal 30 Desember 1980 ditetapkan sebagai hari lahir Satpam.
Pesan Kapolri di HUT Satpam

Kapolri menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan, serta segenap stakeholders terkait lainnya, atas kerja sama sinergisnya dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif. Ia pun berharap sinergisitas ini senantiasa terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan.

Selain itu, Kapolri juga mengajak seluruh hadirin sejenak mengenang dan mendoakan Kapolri kedelapan, sekaligus Bapak Satpam Indonesia,

Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof Dr Awaloedin Djamin MPA. “Yang telah berjasa besar dalam membentuk, mengembangkan, dan memajukan Satpam sebagai sebuah profesi yang luhur dan mulia,” ungkap Jenderal Pol Idham Azis.

“Semoga kita sebagai generasi penerus dapat senantiasa meneladani pengabdian, perjuangan, dan prestasi Beliau dalam setiap pelaksanaan tugas. Teriring doa semoga Almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin Ya Robbal Alamin,” sambungnya.

Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, jelas Kapolri, Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan kamtibmas. Oleh karena itu, ia berharap setiap anggota Satpam memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya.

“Eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah, khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif. Dengan demikian, profesi Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” terang Jenderal Pol Idham Azis.

Berdasarkan hal itu, Kapolri menilai tepat tema yang diangkat pada peringatan HUT Satpam kali ini, yaitu ”Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”.

“Tema tersebut juga selaras dengan Kebijakan Presiden RI yaitu pembangunan SDM serta Program Prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM yang unggul dan pemantapan Harkamtibmas,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolri menyampaikan beberapa imbauan kepada seluruh anggota Satpam untuk dipedomani dan dilaksanakan sebagai berikut:

Senantiasa jaga kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah SWT, Tuhan YME;

Tanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam, dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi Satpam;

Tingkatkan kesiapsiagaan, sehingga setiap gangguan keamanan di lingkungan kerja dapat ditangani dengan cepat dan tuntas;

Terus tingkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas;

Tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran TNI-Polri, stakeholders lain, dan berbagai elemen masyarakat guna memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja; serta

Gelorakan budaya penanaman pohon di lingkungan kerja dan sekitarnya guna mendukung program penghijauan dan pelestarian alam. Otn/kop.

Leave a comment