Terbaru

Peneliti LSI; Azizah Punya Kans Lebih Besar di Pilkada Tangsel

Calon Walikota Tangsel, DR. Siti Nur Azizah.

KopiOnline TANGSEL,– Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Rully Akbar mengatakan, Siti Nur Azizah memiliki kans lebih besar memenangkan kontestasi Pilkada Tangerang Selatan. Azizah dinilai punya daya dobrak dibandingkan dengan kandidat bakal calon lainnya.

Azizah dinilai memiliki sejumlah faktor pendukung. Pertama, faktor bayang-bayang ayahnya Ma’ruf Amin yang menjabat Wakil Presiden RI. Kedua, dukungan partai politik sebagai mesin politik.

“Dukungan Gerindra kepada Azizah ini akan berdampak positif. Namun, partai pengusung juga akan mempertimbangkan hasil survei kandidat,” ujar Rully ketika diminta komentarnya, Senin (20/1/2020).

Menurutnya, seorang calon kepala daerah yang akan diusung tak lepas dari tiga faktor, yakni tingkat pengenalan, tingkat kesukaan, dan terakhir berujung pada elektabilitas.

“Ketika si kandidat itu sudah shahih di ketiga item itu, ke depan partai hanya tinggal mengesahkan siapa yang akan diusung. Istilahnya mereka sudah punya basic yang kuat,” terang Rully.

Dia juga mengingatkan agar Azizah tak boleh melewatkan moment memperkenalkan diri kepada para pemilih. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk mengetahui visi misi dan latar belakangnya.

Terkait dukungan Gerindra kepada Azizah, Rully mengatakan bahwa politik tidak bisa disamakan dengan hitung-hitungan matematis. Karena Pilkada kontestasinya akan lebih menggambarkan kepada sosok dan figur kandidat.

“Bisa jadi dia didukung oleh parpol besar, tapi ketika dia mengeksekusi program dan turun ke lapangan, parpol tak menjadi konsen utama dari masyarkat,” pungkasnya.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto membuka peluang mendukung bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan Siti Nur Azizah.

Peryataan itu dikatakan oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat Azizah berkunjung ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, beberapa waktu lalu

Pada kunjungan silaturahim itu hadir juga bakal calon Wali Kota Medan Bobby Nasution.

“Ya kemungkinan itu (mengusung Bobby Nasution di Pilkada Medan dan Siti Nur Azizah di Pilkada Tangsel) ada juga,” kata Dasco di Kompleks Parlemen.

Dia mengatakan, untuk Pilkada Medan dan Tangsel, dari eksternal Gerindra baru ada dua orang yang bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yaitu Bobby Nasution dan Siti Nur Azizah.

Menurut dia, keputusan akhir terkait dukungan Gerindra di Pilkada Medan dan Tangsel baru akan diputuskan pada akhir Januari 2020. Wpn/Kop.

Leave a comment