Beranda MEGAPOLITAN Kurangi Hujan di Jabodetabek, BPPT Jalankan Operasi TMC Tebar 25 Ton Garam

Kurangi Hujan di Jabodetabek, BPPT Jalankan Operasi TMC Tebar 25 Ton Garam

2
0
Sejumlah kawasan di Jakarta dilanda banjir menyusul hujan deras pada Selasa malam hingga Rabu. Foto : ant

KopiOnline Jakarta,- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyatakan bakal terus menjalankan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Operasi yang bertujuan untuk mengurangi curah hujan di wilayah Jabodetabek sudah dilakukan sejak 3 Januari lalu.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan sejauh ini, pihaknya sudah menggunakan sekitar 25 ton garam untuk menjalankan operasi tersebut. Jumlah ini, dia akui, jauh lebih banyak dari stok awal yang ada.

“Kita sudah menyetok awalnya 22 ton. Ternyata yang sudah kita gunakan sekarang ini sampai 25 ton lebih,” kata dia, saat ditemui, usai rapat di Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (07/01/2020).

Sejauh ini, dalam pelaksanaan operasi TMC, telah dilaksanakan 16 sorti penerbangan. Delapan penerbangan dengan menggunakan CN-295 dan delapan penerbangan dengan menggunakan Cassa 212.

Dia merinci, Delapan sorti penerbangan menggunakan CN-295 itu mengangkut 2,4 ton garam per penerbangan. Sementara delapan penerbangan dengan Cassa 212 mengangkut sekitar 800 kilogram per penerbangan.

“Insya Allah kita cukupkan (stok). Kerja sama BNPB, TNI, Polri, dan lain-lain serta Pemerintah Daerah yang memang sangat kita butuhkan kolaborasinya,” jelas dia.

Dia pun memastikan pihaknya akan kembali menambah stok garam guna melancarkan operasi tersebut. “Kita akan stok baru lagi. Itu ada di posko Lanud Halim saat ini,” tutupnya. Otn/kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here