Beranda MEGAPOLITAN Organisasi Wanita & Forkopimda Kab. Bekasi Gelar Bhaksos Korban Banjir

Organisasi Wanita & Forkopimda Kab. Bekasi Gelar Bhaksos Korban Banjir

234
0
Kajari Ayu Dian dan Ibu Bupati Kabupaten Bekasi bersama rpmbongan di posko banjir Desa Sriamur

KopiOnline Jakarta, – Gabungan organisasi wanita se Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yakni Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluar (PKK), Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra, Bhayangkari dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) menggelar Bhakti Sosial di tiga kecamatan di Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir akibat hujan terus menerus pada awal tahun baru ini.

“Bhakti Sosial di tiga kecamatan itu diinisiasi oleh Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Bekasi yakni ibu Bupati Kabupaten Bekasi Hj.Holilah Eka Supria Atmaja,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bekasi, Raden Roro Mahayu Dian Suryandari, yang hadir bersama Dandim 0509 mewakili Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bekasi, kemarin.

Bhakti sosial yang digelar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tarumajaya, Kecamatan Babelan dan Kecamatan Tambun Utara itu juga dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi.

Menurut Kajari Kabupaten Bekasi, bantuan yang diberikan kepada masyarakat di tiga kecamatan yang terdampak banjir itu berupa sembako, selimut, susu balita dan beberapa kebutuhan masyarakat lainnya.

Bantuan diterima langsung oleh Camat Tarumajaya, Lepala Desa Samudra Jaya, Kepala Desa Pantai Makmur, Camat Babelan, Kepala Desa Buni Bhakti, Camat Tambun Utara dan Kepala Desa Sriamur.

“Masyarakat sangat menyambut baik dan antusias terhadap Bhakti Sosial itu,” kata Ayu Dian, sapaan akrab Kajari Kabupaten Bekasi itu.

Ayu Dian mengungkapkan, kondisi di Kecamatan Tarumajaya yakni di Desa Pantai Makmur masih tersisa genangan sekitar 60-80 cm. Sebagian besar pengungsi di posko Desa Samudra Jaya sudah kembali ke rumah masing2. Namun dapur umum pagi tadi masih melayani.
Lalu di Desa Buni Bhakti, Kecamatan Babelan, genangan masih sekitar 30 cm, namun sudah tidak ada pengungsi. “Sedangkan di Desa Sriamur dan Srijaya, Kecamatan Tambun Utara, kondisi tampak cukup parah terdampak banjir. Namun demikian pengungsi sudah kembali ke rumahnya masing-masing,” jelas Ayu Dian.

Sebelumnya, pada tanggal 2 Januari 2020, Raden Rara Mahayu Dian Suryandari bersama jajaran Kejari Kabupaten Bekasi menggelar Bhakti Sosial untuk masyarakat di Desa Karang Satu, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, yang terkena musibah terdampak banjir.

Seperti diketahui awal tahun baru 2020, Desa Karang Satu, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, dilanda hujan dan petir seharian. Akibatnya tak bisa dihindari banjir pun melanda wilayah ini.

Jalan dari satu lokasi ke lokasi lainnya juga terhalang dan terputus oleh air banjir yang merendam wilayah ini. Bahkan tidak kurang 500 hektar sawah masyarakat terendam banjir.

Mengetahui musibah tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bekasi, Raden Rara Mahayu Dian Suryandari, langsung mengambil inisiatif bersama jajarannya menggelar bhakti sosial di desa yang terdampak banjir tersebut.

“Karena spontanitas, seadanya saja yang kami berikan seperti mie instant, air mineral, 200 nasi kotak dan roti,”

Dalam kegiatan aksi bhakti sosial itu, Ayu yang mengenakan pakaian dinasnya dan sandal jepit itu, terjun langsung menyusuri jalan-jalan di lokasi yang terdampak banjir tersebut.

Wanita berjilbab ini tak segan-segan menyapa dan menyalami setiap anggota masyarakat yang ditemuinya seraya meminta anggota masyarakat itu untuk bersabar dan tawakal dalam menghadapi musibah banjir yang terjadi.

“Kami sangat peduli dan penuh perhatian terhadap masyarakat, termasuk yang terkena musibah banjir ini, sekaligus menunjukkan bahwa negara hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat,” ujar Ayu. Syamsuri

Kajari Kabupaten Bekasi, Ayu Dian (kiri), bersama rombongan menyusuri salah satu lokasi di Desa Pantai Makmur yang masih tergenar banjir
Ayu Dian bersama tim PMI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here