Terbaru

Tawarkan Konektivitas Indonesia Timur, Wings Air Layani Rute Nabire ke Manokwari

FOTO: Wings Air pesawat ATR72-600 registrasi PK-WHS. Oleh : Ari Chandra

KopiOnline Nabire,. Yuk, ke Papua! Satu kota tujuan berlokasi ujung paling timur Papua di Teluk Cenderawasih mulai dikenal eksotis, sebab menyimpan panorama alam di setiap sudutnya. Tidak heran bila kabupaten beribukota di Kota Nabire ini memiliki potensi wisata yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Temukan whale shark atau hiu totol di perairan Kwatisore atau singgah di kawasan Pantai Pulau Ahe yang menyuguhkan alam bawah laut berbagai jenis terumbu karang dan biota laut. Sajian kuliner, makanan khas berasal dari umbi-umbian seperti kastela dan petatas.

Destinasi berikutnya ialah Manokwari, menyambangi “mutiara” menawan di Papua Barat. Untuk wisata religi dan sejarah, kunjungi Pulau Mansinam yang memiliki nilai sejarah peradaban baru di Papua dan ada sebuah patung Yesus mirip di Rio de Janeiro, Brasil. Pehobi pegunungan, dapat menjelajahi Gunung Meja atau Gunung Arfak, cocok buat hiking atau sekadar menghirup udara sejuk.

Kini, bagi wisatawan atau pebisnis (travelers) bisa menuju kedua kota, melalui perjalanan singkat Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group akan melayani penerbangan langsung Nabire ke Manokwari, mulai 29 Desember 2019.

Penerbangan pertama, Wings Air akan lepas landas dari Bandar Udara Douw Aturure Nabire, Papua (NBX) pada 12.50 WIT (Waktu Indonesia Timur, GMT+ 9). Pesawat bernomor IW-1557 diperkirakan mendarat di Bandar Udara Rendani, Manokwari, Papua Barat (MKW) pukul 14.00 14.55 WIT.

Untuk perjalanan kembali, Wings Air menggunakan nomor penerbangan IW-1556. Pesawat mempunyai waktu keberangkatan dari Manokwari pada 14.20 WIT dan dijadwalkan tiba di Nabire pada 15.30 WIT.

Dalam memfasilitasi layanan penerbangan guna menambah pengalaman perjalanan semakin menyenangkan, Wings Air mengoperasikan armada jenis baling-baling (turboprop) tipe ATR 72-500 atau ATR 72-600 yang berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi.

Para wisatawan dan pebisnis akan merasakan nuansa layaknya pesawat pribadi karena konfigurasi kursi 2-2, dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja lebih leluasa atau hanya sekadar menikmati pemandangan memukau dari ketinggian, daya tarik bahwa pesawat mampu terbang dengan rendah. Selain itu, bisa melihat pemandangan luar yang akan memanjakan mata karena pesawat mampu terbang dengan rendah. Interior pesawat didesain modern dan futuristik, sehingga bisa lebih santai saat berada di kabin.

Wings Air menyampaikan rasa terima kasih kepada pengelola bandar udara, pemerintah setempat, pengantur lalu lintas udara, seluruh karyawan dan pihak lain yang terlibat atas dukungan dan kerjasamanya dalam membantu persiapan pembukaan rute Nabire – Manokwari – Nabire di momen liburan ini.

Pada tahap awal, rute Nabire ke Manokwari dilayani tiga kali dalam sepekan setiap Selasa, Kamis dan Minggu pergi pulang di hari yang sama. Apabila dalam periode berjalan tren permintaan pasar meningkat positif, optimis Wings Air akan menambah frekuensi terbang.

Nabire ke Manokwari tersedia dalam upaya untuk menjawab kebutuhan bepergian dengan pesawat udara, yang diharapkan dapat membantu memperpendek jarak, mempersingkat waktu serta terjangkau. Dengan demikian akan menciptakan konektivitas (lalu lintas) lebih mudah, cepat, aman dan nyaman untuk wilayah Tanah Papua.

Wings Air menegaskan tetap melayani sebagai penghubung atau feeder, yang menawarkan penerbangan langsung kemudian terhubung menuju kota-kota lainnya bersama Lion Air dan Batik Air member of Lion Air Group. Melalui Bandar Udara Rendani, connecting flight ke Kaimana, Fak-Fak, Sorong, Jakarta, Makassar, sedangkan dari Bandar Udara Douw Aturure bisa meneruskan ke Jayapura, Timika, Ambon dan Sorong.
Kehadiran rute baru Wings Air lebih memperkuat jaringan di Manokwari dan Nabire, sejalan mendukung pemerataan kawasan ekonomi baru, peningkatan potensi pariwisata dan mampu mendongkrak sektor bisnis lainnya di Papua.

Dalam mempersiapkan perjalanan semakin menyenangkan, setiap wisatawan dan pebisnis dapat memulai rencana penerbangan lebih awal. Wings Air menghadirkan layanan menurut kebutuhan, apabila akan membawa bagasi maka dapat membeli. Sebaliknya, jika bepergian tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi.

Bagi travelers yang akan membawa bagasi bisa membeli voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Travelers juga bisa membeli dengan harga lebih hemat pada saat dan setelah pembelian tiket (issued ticket), dengan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

Ketentuan barang bawaan ke kabin (hand carry), aturan yang berlaku yaitu setiap pelanggan (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) sesuai ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin. Demikian keterangan tertulis Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro. kop

Leave a comment