Terbaru

Menyibak Pesona “Manise” Indonesia Timur, Wings Air Terbang dari Sorong ke Nabire

KopiOnline Sorong,– Apa yang terlintas dibenak ketika mendengar Papua Barat? Mayoritas yang terpikir ialah nama Raja Ampat dengan surga bawah laut sebagai tujuan popular berwisata dari berbagai penjuru dunia. Pelancong bisa menemukan Piaynemo – gugusan pulau karang, objek terindah yang dapat ditempuh dengan kapal cepat dari Sorong atau menyusuri Pantai Kasuari bernuansa sejuk, berpasir putih, ombak tenang.

Untuk wisata religi, Pagoda Sapta Ratna sebagai simbol kerukunan beragama di Sorong menjadi tujuan favorit karena berlokasi di atas bukit sembari melihat lalu lintas kapal.

Setelah dari Sorong saatnya ke Nabire – surga tersembunyi di Papua. Dalam berwisata bisa menuju Air Terjun Bihewa di Distrik Makimi sebagai paling tinggi Tanah Papua. Selain itu, Taman Nasional Teluk Cendrawasih. dikenal terbesar di Indonesia yang memiliki keanekaragaman hayati memukau.

Khusus wisata pantai terdapat Monalisa, Gedo dan Pantai Burate
Sekarang, saatnya mewujudkan mimpi untuk mengunjungi kedua destinasi, dengan menjadikan bagian deretan kota tujuan menarik. Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group bersiap meluncurkan layanan domestik secara berjadwal dari Nabire ke Sorong mulai 12 Desember 2019.

Penerbangan perdana, Wings Air menggunakan nomor IW-1653 lepas landas dari Bandar Udara Nabire pada 13.20 WIT (Waktu Indonesia Timur, GMT+ 9) dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Domine Eduard Osok pada 14.55 WIT. Untuk rute sebaliknya, Wings Air bernomor IW-1652 mengudara dari Sorong pada 15.15 WIT, kemudian dijadwalkan mendarat di Nabire pada 16.50 WIT.

Wings Air mengucapkan terima kasih kepada pengelola bandar udara, pemerintah setempat, pengantur lalu lintas udara, awak pesawat, seluruh karyawan dan pihak lain yang terlibat atas dukungan dan kerjasamanya dalam membantu kelancaran penambahan rute harian Wings Air Sorong – Nabire – Sorong.

Kehadiran rute baru Wings Air akan lebih memperkuat jaringan di Sorong dan Nabire, sehingga ini mampu menyediakan pilihan moda transportasi baru yang lebih terjangkau, cepat, aman dan nyaman. Hal tersebut sejalan kesungguhan Wings Air dalam upaya mempermudah akses antarwilayah melalui udara khususnya dalam mendukung peningkatan potensi pariwisata dan mampu mendongkrak sektor bisnis lainnya di Papua, sejalan mendukung program pemerintah daerah serta nasional.

Dalam memfasilitasi penerbangan, Wings Air mengoperasikan armada terbaru turboprop tipe ATR 72-500 atau ATR 72-600 yang berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi.

Pengalaman perjalanan semakin menyenangkan, interior pesawat didesain modern dan futuristik, sehingga bisa lebih santai saat berada di kabin.

Travelers serasa menikmati nuansa pesawat pribadi karena konfigurasi kursi 2-2, dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja lebih leluasa atau hanya sekadar menikmati pemandangan memukau dari ketinggian, daya tarik bahwa pesawat mampu terbang dengan rendah. Selain itu, bisa menikmati dan melihat pemandangan luar yang akan memanjakan mata karena pesawat mampu terbang dengan rendah.

Dengan penambahan rute ini, Wings Air berharap bisa memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan impian wisatawan, pebisnis dan masyarakat membantu menjawab kebutuhan perjalanan udara Trans Papua serta mengakomodir penerbangan lanjutan (connecting flight).

Untuk koneksi penerbangan lebih banyak lagi, bisa melalui Bandar Udara Sorong. Destinasi yang terhubung antara lain Kaimana, Fak-Fak, Ambon, Manado, Manokwari, Jayapura, Merauke, Gorontalo, Ternate, Labuha, Namlea, Langgur, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Lombok serta destinasi yang lain bersama Lion Air Group. Selain itu, travelers berkesempatan bisa melanjutkan destinasi favorit lainnya, seperti Kendari, Batulicin, Bau-Bau, Bima, Luwuk, Mamuju, Palangkaraya, Palopo, Poso, Raha, Selayar dan Wangi-wangi.

Sejalan pengembangan bisnis Wings Air, di hari yang sama (12/ 12) membuka rute baru pertama di Timika yang menghubungkan Nabire, Wamena dan Langgur.

Operasional penerbangan dilayani langsung (non-stop) dan berjadwal dari Bandar Udara Internasional Mozes Kilangin (TIM) menuju Nabire – Bandar Udara Douw Aturure, Kabupaten Nabire, Papua (NBX); Wamena – Bandar Udara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua (WMX) dan Langgur – Bandar Udara Karel Sadsuitubun, Pulau Kai, Maluku Tenggara (LUV).
Jadwal Penerbangan:

Rute

Nomor Terbang

Waktu Berangkat

Waktu Tiba

Frekuensi Terbang

Nabire – Timika

IW-1609

06.20 WIT

07.20 WIT

1 kali per hari

Timika – Nabire

IW-1608

11.55 WIT

12.55 WIT

1 kali per hari

Timika – Langgur

IW-1607

07.40 WIT

09.30 WIT

1 kali per Selasa, Kamis, dan Sabtu

Langgur – Timika

IW-1606

09.55 WIT

11.40 WIT

1 kali per Selasa, Kamis, dan Sabtu

Timika – Wamena

IW-1639

07.50 WIT

08.50 WIT

1 kali per Senin, Rabu, Jumat, Minggu

Wamena – Timika

IW-1638

10.40 WIT

11.40 WIT

1 kali per Senin, Rabu, Jumat, Minggu

*) Waktu Indonesia Timur (WIT, GMT + 9)

Wings Air optimis, tren permintaan pasar tumbuh positif, sehingga mampu memberikan peluang di waktu mendatang frekuensi penerbangan bisa ditambah atau ditingkatkan.

Dalam mempersiapkan perjalanan semakin menyenangkan, travelers dapat memulai rencana penerbangan lebih awal. Wings Air menghadirkan layanan menurut kebutuhan, apabila akan membawa bagasi maka dapat membeli. Sebaliknya, jika bepergian tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi.

Bagi travelers yang akan membawa bagasi bisa membeli voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Travelers juga bisa membeli dengan harga lebih hemat pada saat dan setelah pembelian tiket (issued ticket), dengan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

Ketentuan barang bawaan ke kabin (hand carry), aturan yang berlaku yaitu setiap pelanggan (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) sesuai ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin. Demikian Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro. kop

Leave a comment