Beranda REGIONAL Kejari Sukamara Optimalkan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Modern & Humanis

Kejari Sukamara Optimalkan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Modern & Humanis

174
0

KopiOnline Jakarta,– Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah, terus berbenah melakukan berbagai perubahan yang berkualitas, terukur dan tepat sasaran.

Salah satunya terus  meningkatan optimalisasi pelayanan publik dengan menggunakan kecanggihan teknologi informasi, tetapi tidak meninggalkan sikap humanis dan kearifan lokal.

“Sikap humanis dan kearifan lokal di sini, misalnya, kami tidak lagi dilayani, sebaliknya kami melayani keinginan masyarakat, terutama terkait dengan permasalahan hukum di Kabupaten Sukamara, dengan senyum penuh keramahan,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sukamara, Drs Fajar Sukristyawan SH MH, dalam percakapannya dengan wartawan, kemarin.

Dikatakan Fajar, saat ini Kejari Sukamara sedang membuat Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang didalamnya ada layanan besuk, layanan tilang, layanan info perkara, layanan pengambilan barang bukti dan  berpendingin udara sehingga tamu merasa nyaman.

Terkait dengan barang bukti ini, jelas Fajar, Kejari Sukamara meluncurkan program Sida Pian Berbakti. Program ini merupakan tindak lanjut dari pencanangan Kejari Sukamara sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Dalam program Sida Pian Berbakti ini petugas mengembalikan barang bukti langsung ke rumah-rumah warga tanpa perlu mengurus pengembalian barang bukti ke kantor Kejaksaan.

Dengan demikian, jika selama ini si pemilik datang ke kantor Kejaksaan untuk mengambil barang bukti miliknya, dengan adanya program Sida Pian Berbakti ini, petugas Kejaksaan sendiri yang akan mengantarkan barang bukti kepada pemilik.

“Ini merupakan salah satu komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutur Fajar.

Kelebihan lain, tambah Fajar, dalam program tersebut, pihaknya lebih menggunakan bahasa daerah setempat, sehingga lebih dimengerti oleh masyarakat terhadap program yang dilaksanakan.

Selanjutnya, untuk melayani publik dengan lebih humanis dan penuh senyum keceriaan, pihak Kejari Sukamara akan menempatkan semacam duta pelayanan berpakaian non seragam bagi pelayanan publik, sehingga masyarakat dapat lebih nyaman dan tidak canggung jika datang ke kantor Kejari Sukamara. 

Bahkan, kata Fajar, Kejari Sukamara kini sudah memiliki website Website Kejaksaan Negeri Sukamara  yang mudah diakses dan Mobile Friendly (template themes responsive), sehingga masyarakat dapat mengakses informasi kinerja secara official account.

“Kemudian informasi tersebut disebarluaskan ke masyarakat dengan cara mempublikasikan dalam website Kejari Sukamara akun sosial media (twitter, Instagram, facebook), komunitas media sosial (group WhatsApp/WA) dan channel youtube,” jelas Fajar.

Kajari Sukamara Fajar Sukristyawan mengungkapkan bahwa langkah mengoptimalkan pelayanan publik dengan teknologi modern, yang merupakan salah satu dari enam area perubahan sebagaimana kriteria mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM, diyakini sebagai kesiapan Kejari Sukamara mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Sebab, tambahnya, lima area perubahan lainnya yakni Manajemen Perubahan, Penguatan Ketatalaksanaan, Penataan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), Penguatan Pengawasan dan Penguatan Akuntabilitas Kinerja sedang dilaksanakan secara simultan dan konsisten.

“Insya Allah kami sudah siap mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM sebagaimana yang diinstruksikan bapak Jaksa Agung Dr ST Burhanudin SH MH,” tutup Fajar. Syamsuri. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here