Terbaru

IRJEN POL MARTUANI SORMIN DIGADANG JABAT KABARESKRIM

Asops Kapolri, Irjen Pol Matuari Sormin Siregar bersama Jansen Leo Siagian(kanan).

KopiOnline Jakarta,- Posisi Kabareskrim kosong setelah Komnjen Idham Azis diangkat dan dilantik menjadi Kapolri dan menyandang bintang empat, pada Jumat (01/11/2019) lalu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

ADVETORIAL

Mantan aktivis eksponen 66, Jansen Leo Siagian mengatakan bahwa kekosongan di pucuk pimpinan Bareskrim harus segera diisi. Untuk itu, Kapolri Jenderal Idham Azis harus berhati-hati dalam memilih figur sosok Kabareskrim dan juga harus memikirkan senioritas yang berpengalaman di internal Polri tentunya.

Idham, lanjut Leo, jangan hanya berpatokan senioritas tetapi juga harus memilih jenderal yang sudah berpengalaman dan matang dalam bidang ilmu reserse dan kriminal.

“Jangan sampai penilaiannya didasari karena kedekatan dengan penguasa. Ini sangat berbahaya. untuk itu Kapolri harus melihat integritas dan track record calon Kabareskrim yang baru,” kata Leo Siagian yang juga Korwil Sumatera DPP Sedulur Jokowi kepada koranpagionlone.com Senin (04/11/2019) petang.

Dalam mengangkat seseorang untuk menjadi Kabareskrim, Idham harus mempertimbangkan kredibilitas pejabatnya, apakah dapat diterima senior atau juniornya. Selain itu, Idham harus peka dan sensitif mencermati situasi negara saat ini. Jikalau ada usulan pengangkatan dari kalangan junior untuk menduduki posisi Kabareskrim, maka jangan sampai melukai perasaan para senior yang memiliki interigritas dan keilmuan yang mumpuni di bidangnya.

Leo Siagian mengungkapkan memang ada kabar yang beredar ada tiga calon kuat jemderal bintang dua yang menjadi kandidat Kabareskrim. Mereka adalah, Asops Kapolri Irjen (Pol) Martuani Sormin Siregar, Kadiv Propam Polri, Irjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo dan Kapolda Metro Jaya, Irjen (Pol) Gatot Eddy Pramono. Namun diluar ketiga Pati tersebut muncul juga nama Irjen Rycko Amelza Dahniel yang tak lain Kapolda Jawa Tengah yang pernah meraih Adimakayasa 88.

Sejauh ini Leo menilai Pati yang pantas dan pas menjadi Kabareskrim yakni Asops Kapolri Irjen Martuani Sormin Siregar.

“Martuani Sormin menurut saya paling cocok menjadi Kabareskrim, karena Putra Tapanuli ini orang yang cukup bersih dan berani dalam penegakan hukum, apalagi Asops Kapolri ini sangat menguasai bidang Serse dan senior pada Akpol 87,” tandas Leo.

Ia pun menyebut sosok atau figur yang pas dan matang dalam ilmu reserse. Harus dipilih dari Akademi Polisi (Akpol) angkatan 86, 87 dan 88. “Jikalau Akpol 89 dan seterusnya, menurut saya masih terlalu junior lah,” tutupnya. kop

Asops Kapolri, Irjen (Pol) Martuani Sormin Siregar, Msi sosok polisi yang humanis. Foto : Ist.

Leave a comment