Terbaru

Prasetyo : Lakukan Penegakan Hukum Terbaik & Terpuji Bagi Masyarakat

Jaksa Agung Prasetyo

KopiOnline Jakarta,– Jaksa Agung HM Prasetyo mengingatkan jajarannya dimanapun berada, dalam kapasitas dan posisi apapun tidak melupakan jati diri sebagai Insan Adyaksa yang memegang teguh komitmen dan janji luhur bahwa sesuatu yang baik dan benar itulah yang harus diperbuat dan dikerjakan.

ADVETORIAL

”Seperti angin tidak meninggalkan pantai, bintang tidak meninggalkan langit dan bulan tidak meninggalkan Bumi. Insan Adhyaksa tetap berpegang teguh dan tidak akan meninggalkan komitmen, janji luhur menjunjung tinggi keharuman citra Korps, melakukan dan menciptakan hal besar penegakan hukum terbaik dan terpuji bagi masyarakat, bangsa dan negeri,” ujar Jaksa Agung.

Jaksa Agung Prasetyo mengungkapkan hal itu dalam sambutannya saat melantik sejumlah pejabat Eselon II dan Sekretaris Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan RI, Dr Sunarta SH MH, di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Dalam sambutannya Jaksa Agung Prasetyo mengatakan, proses penegakan hukum yang benar, bermartabatdan dapat dipercaya haruslah bersanding selaras secara komplementer sebagai sebuah dimensi pendekatan yang harus berkontribusi secara signifikan, menjamin dan memastikan bahwa penghargaan atas harkat, martabat dan harga diri manusia benar-benar diutamakan.

“Hal mana juga merupakan upaya mencegah terjadinya berbagai persoalan yang dapat memicu ketegangan atau konflik yang timbul sebagai dampak yang tidak dapat dihindari sebagai akibat dari ketidaktepatan sasaran dan adanya penyimpangan dalam pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan,” ujar Prasetyo.

Pada kesempatan itu, Prasetyo kembali mengingatkan komitmen Korps Adhyaksa sebagai bagian dari sistem dalam pemerintahan tentang pentingnya kesadaran dan konsistensi merepresentasikan janji dan pernyataan bahwa negara akan selalu hadir untuk mengurus, melayani, melindungi dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga bangsa tanpa membeda-bedakan suku, asal, agama dan golongan.

“Negara harus kuat dan tidak lemah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab termasuk dalam penegakan hukum yang dituntut menjunjungtinggi keadilan, kebenaran dan kemanfaatan,” tegas Prasetyo.

Prasetyo juga mengingatkan jajarannya tentang pentingnya konsolidasi diantara segenap personil dan satuan kerja demi terciptanya harmonisasi dan menghasilkan sinergitas kesamaan paham dan pandangan yang dapat melahirkan kesatuan pikiran, sikap dan tindakan untuk mendorong akslerasi peningkatan kinerja dan pencapaian target serta tujuan yang direncanakan.

Berkenaan dengan itu pula, secara berkala dan ajeg perlu dilakukan monitoring dan evaluasiatas semua langkah, kegiatan dan kebijakan yang telah dan sedang dilakukan, mencegah terjadinya kegagalan dan menghindari kemungkinan terulangnya peristiwa kejadian negatip di masa lalu, yang memerlukan pembenahan, penertiban, koreksi dan perbaikan.

“Dengan demikian, kita semakin optimis bahwa penguatan satuan kerja yang sedang kita atau saudara pimpin akan menghadirkan institusi penegak hukum Kejaksaan yang relevan, bernilai guna dan dapat diandalkan di tengah perkembangan dan tuntutan zaman,” tutur Prasetyo. Syamsuri

Leave a comment