Terbaru

Di Atas Kertas, Bamsoet Bakal Menduduki Singgasana Ketua MPR-RI

Bamsoet yang di atas kertas bakal jadi Ketua MPR- RI

KopiOnline Jakarta,- Hari ini, malam ini, akan ditentukan pemilihan Ketua MPR. Apabila Bamsoet terpilih jadi Ketua MPR.RI maka posisi Jokowi di periode ke dua 2019 – 2024 akan mendapat dukungan besar dari partai koalisi dan para pendukungnya. Sedang dari partai yang lainnya bisa jadi akan ikut mendukung Bamsoet, seperti misalnya dari PAN dan PD.

ADVETORIAL

“Tentang hubungan Mbak Mega dengan Surya Paloh dan AHY yang belakangan ini agak kurang harmonis, saya kira itulah dinamika politik yang berjalan sangat dinamis pada waktunya, yang tentu saja bisa berubah setiap saat,“ kata Leo Siagian, mantan aktivis Eksponen Angkatan ’66 dan sebagai Korwil Sumatera DPP Sedulur Jokowi,

Namun demikian, lanjut Leo, munculnya Fadel Muhamad dari DPD jangan dianggap enteng karena lobi=lobi terus dilakukan. Begitu halnya Ahmad Muzani dari Gerindra juga merupakan pesaing berat. Karena, belakangan hubungan PDIP dengan Gerindra tampak mesra. Kendati di atas kertas Bamsoet bakal unggul, namun apabila terjadi voting, maka Bamsoet bakal terancam.

Daftar Nama 10 Pimpinan MPR
Seperti diketahui, Rapat Gabungan MPR dan DPD telah menyepakati jajaran pimpinan MPR periode 2019-2024. Jumlah pimpinan MPR berjumlah 10 orang. Nama-nama pimpinan itu di antaranya Syarief Hasan dari Demokrat, Ahmad Basarah dari PDIP, Jazilul Fawaid dari PKB, Hidayat Nur Wahid dari PKS, Zulkifli Hasan dari PAN, Bambang Soesatyo dari Golkar, Lestari Moerdijat dari Nasdem, Ahmad Muzani dari Gerindra, Arsul Sani dari PPP, Fadel Muhammad dari DPD.

Pimpinan sementara Abdul Abdul Wahab Dalimunthe mengatakan, dalam rapat gabungan sudah mufakat tentang 10 nama pimpinan. Hanya tinggal nama ketua saja yang belum disepakati.

“Nanti hasilnya itu dimusyawarahkan siapa yang dipilih akan jadi ketua. Itu aja. Tapi taulah orang yang ngomong ini kan bisa lima menit,” kata Abdul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (03/10/2019).

Setelah rapat gabungan, nantinya akan ada rapat lobi antar partai untuk menentukan Ketua MPR. Jika sudah ada nama ketua, baru dilakukan pelantikan pada pukul 19.00 WIB. “Penetapan pemilihan ketua dan pelantikan malam ini,” ucapnya.

Musyawarah Mufakat

Sementara itu Ahmad Basarah menyebut MPR akan mengedepankan musyawarah daripada voting untuk mendapatkan satu nama Ketua MPR.

“Ya kita usahakan musyawarah dulu lah. Karena khittah MPR sebagai lembaga permusyawaratan kan harus dijaga marwahnya,” ucapnya.

Terkait permintaan Gerindra untuk dilakukan voting, Basarah menegaskan PDIP sudah mengalah pada Gerindra terkait revisi UU MD3.

“Kan kita sudah mengalah dengan menyetujui revisi UU MD3, dengan memasukkan 10 unsur pimpinan MPR dari semua pimpinan partai politik yang mendapatkan kursi di parlemen, itulah bentuk dari kami ingin berbagi, ingin bersama-sama dengan partai-partai di luar koalisi Pak Jokowi dan Kiyai Ma’ruf Amin,” katanya.

“Saya kira niat baik inilah yang harus disyukuri oleh kita bersama,” tandasnya

Kantongi Dukungan 335 Suara

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) seperti diketahui bakal menentukan ketuanya malam ini. Ada dua kandidat yang menguat di bursa MPR-1 yakni Bambang Soesatyo atau Bamsoet dari Fraksi Golkar dan Ahmad Muzani perwakilan Fraksi Gerindra. Namun muncul pula satu nama lagi dari DPD yakni Fadel Muhaamad. Lalu siapa yang bakal terpilih?
Bamsoet merupakan Ketua DPR periode 2014-2019 yang dicalonkan oleh Partai Golkar untuk menjabat Ketua MPR 2019-2024. Partai Golkar gencar melakukan lobi-lobi untuk memuluskan jalan Bamsoet.

“Selain itu, rapat juga memutuskan Pak Zainudin Amali sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR RI dan menugaskan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI dari Partai Golkar,” kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (01/10/2019) kemarin.

Hingga pagi ini, Bamsoet tercatat telah mendapat dukungan dari PDIP, Partai NasDem, PAN dan PPP. Jika diangkakan berdasarkan perolehan kursi di parlemen, termasuk milik Golkar, Bamsoet telah mengantongi dukungan lebih dari 300 suara. Kop.

Leave a comment