Terbaru

Salip Nono Sampono, La Nyalla Mattaliti Dipilih Jadi Ketua DPD RI

La Nyala Mattaliti akhirnya dipilih menjadi Ketua DPD RI. Foto : Ist.

KopiOnline Jakarta,- La Nyalla Mahfud Mattalitti terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, setelah dalam voting menungguli Nono Sampono, Sulthan Bahtiar, dan Mahyudin. Hasil voting, La Nyala memperoleh 47 suara disusul Nono Sampono 40 suara.

La Nyalla merupakan calon wakil dari Indonesia Barat II, sebelumnya jadi kuda hitam. Sebab, disebut-sebut yang menjadi jago kuat adalah Nono Sampono, karena dia berpengalaman sebagai incumbent dan Wakil Ketua DPD RI periode sebelumnya.

Uniknya, dalam pemilihan ini sebelumnya disebutkan anggota yang masuk ada 132 orang, namun kemudian muncul angka 143 orang. Debat pun terjadi soal slisih suara itu. Namun, oleh ketua sementara disebut dua orang tambahan baru tiba, dan baru dimasukkan ke dalam daftar.

Kemenangan La Nyalla ini disambut dengan Shalawat badar oleh pendukungnya, La Nyalla Mahmud Mattalitti terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2019-2024.

Calon lainnya. senator asal Maluku Nono Sampono yang mendapatkan 40 suara, senator asal Kalimantan Timur Mahyudin yang memperoleh 28 suara, dan senator asal Bengkulu Sultan Bachtiar Najamuddin yang meraup 18 suara. Sementara satu surat suara dinyatakan tidak sah karena abstain. Otn/kop

Leave a comment