Terbaru

Satuan Kerja Bidang Penkum Kejaksaan Didorong Wujudkan Optimalisasi Informasi Publik

Wakil Jaksa Agung Arminsyah (ketiga dari kiri) bersama Kabandiklat Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi (kedua dari) dan Kapuspenkum Kejaksaan Mukri (kiri).

KopiOnline Jakarta,– Satuan kerja bidang penerangan hukum (Penkum) pada kejaksaan tinggi (Kejati) di seluruh Indonesia didorong terus mewujudkan optimalisasi informasi publik guna menjawab kebutuhan informasi oleh masyarakat.

“Tidak selalu bad news is a good news. Tapi good news bisa juga good news. Semuanya bagaimana kita mengemasnya saja, sehingga informasi yang disampaikan kepada wartawan itu berguna bagi masyarakat,” ujar Wakil Jaksa Agung Arminsyah pada evaluasi penggunaan drone oleh para Kasipenkum Kejati se-Indonesia di lapangan Badiklat Kejaksaan RI, Jakarta Selatan, Rabu (25/09/2019).

Arminsyah mengakui ada kemajuan pemenuhan informasi publik oleh para kasipenkum, baik yang disalurkan melalui Puspenkum Kejagung maupun yang disampaikan langsung kepada masyarakat setempat.

“Kami monitor melalui video confrence setiap Kamis, dan alhamdulliah berjalan lancar. Namun tentunya tetap ditingkatkan,” ujarnya.

Arminsyah berharap para Kasipenkum dari Kejati seluruh Indonesia untuk bisa membuat rumusan pemberitaan dari kinerja yang sudah dilakukan Kejati dan Kejari,dan bisa menghimpun kinerja tersebut untuk dijadikan bahan ke wartawan sehingga bisa dipublikasikan.

“Yang mempublikasikan adalah wartawan,tapi kalo disusun dengan yang baik untuk memudahkan wartawan siap mempublikasikan ke medianya masing-masing. Ini yang saya harapkan kepada seluruh Kasipenkum di daerah,” ujarnya.

Penyelenggaraan lomba pengendalian drone oleh Pusat Penerangan Hukum (Puspenkum) Kejaksaan Agung dilaksanakan setelah sebelumnya menggelar Workshop Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang dikuti 28 Kasipenkum seluruh Indonesia.

Terkait penyelenggaraan lomba pengendalian drone ini, Wakil Jaksa Agung Arminsyah mengapresiasi karena lebih banyak yang hadir mengikuti lomba.

“Saya minta ini terus dikembangkan karena drone ini adalah alat untuk kita bisa menghimpun data gambar untuk pemberitaan, juga bisa untuk pembuatan film pendek publikasi ,juga berguna untuk kepentingan intelijen,atau untuk meninjau suatu kasus,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Kabandiklat) Kejaksaan RI, Setia Untung Arimuladi, meminta kepada Kasipenkum Kejati seluruh Indonesia peserta lomba Drone untuk tetap semangat membangun Kejaksaan yang lebih baik lagi.

“Untuk para Kasipenkum tetap kobarkan semangat, kalian jangan berfikir mau menjadi apa, berfikirlah apa yang saya berikan kepada Kejaksaan,” ujar mantan Kapuspenkum.

Dalam kegiatan lomba drone ini Untung menilai sudah banyak kemampuan dalam mengendalikan pesawat drone sehingga dapat untuk bekal semangat perubahan.

“Banyak kemampuan para pengendali pesawat drone. Kedepan lomba Piala PJI harus lebih menigkat lagi,yang penting semangat,semangat perubahan, berfikir out of the box dan Kejaksaan lebih maju,” kata Untung yang juga Ketua Umum PJI (Persatuan Jaksa Indonesia). Syamsuri

Leave a comment