Terbaru

15 Negara Ikuti Festival Goyang Karawang International

KopiOnline Karawang,- Sekitar 15 negara dan 7 provinsi mewakili negara Indonesia turut meramaikan Festival Goyang Karawang Internasional yang akan digelar selama 4 hari mulai dari tanggal 26 hingg 28 September 2019 bertempat di lapangan Galuh Mas Kecamatan Telukjambe Timur. Festival tersebut merupakan rangkaian HUT ke 386 Kabupaten Karawang.

ADVETORIAL

Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana menyebutkan Kabupaten Karawang memiliki keanekaragaman budaya. Salah satunya goyang Karawang merupakan bagian budaya kearifan lokal yang harus kita angkat ke permukaan. Hal yang sama juga dilakukan oleh kabupaten lain seperti di Jember dan Banyuwangi mengangkat budaya kearifan lokal.

Menurut bupati dalam Festival Goyang Karawang Internasional ini antusias masyarakat yang ikut festival ini menembus angka partisipan sebanyak 17 ribu dan dapat memecahkan rekor muri yang sebelumnya pagelaran Goyang Karawang partisipan hanya 11 ribu. Angka 17 ribu tersebut dukungan dari partisipan 30 kecamatan.

“Kita harus mampu mengangkat budaya kearifan lokal menuju destinasi wisata unggulan,” terang bupati.

Konfrensi pers yang berlangsung di Hotel Mercure, Rabu (25/09/2019) yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, Okih Hermawan SSos, Kabid Budaya Firman, Kepala Dinas Kominfo Drs. Yasin, Kepala Dinas Pol PP Drs. Asip dan pihak even organiser.

Pada kesempatan yang sama Kepala Disparbud Oki Hermawan menjelaskan, gerakan tarian secara masal ini pihak Disparbud sudah melakukan persiapjan jauh jauh hari yaitu merekrut para pelatih profesional dibidang seni tari di setiap kecamatan yang diikuti para pelajar dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menyoal istilah nama Festival Goyang Karawang, menurut Oki Hermawan bahwa tari Jaipong itu secara legalitas sudah ada yang memilikinya yaitu kota Bandung. Sedangkan Kabupaten Karawang, kata Oki, memiliki sejumlah julukan sebagai kota padi, kota pangkal perjuangan, kota industri dan beragam kesenian. Dari sejumlsh julukan untuk Karawang tersebut para pelaku seni mengharmonisasikan menjadi Goyang Karawang.

Ia mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk mensukseskan Festival Goyang Karawang Internasional.

Sementara Festival Goyang Karawang Internasional memiliki standar pertunjukan seni Internasional. 15 Negara yang mengikuti Thailand, Australia, Vietnam, Azerbaijan, Laos, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Jepang, Negara Bagian California, Filipina, Mesiko, Madagaskar, Tiongkok dan Jerman. Erwin

Leave a comment