Terbaru

Sholat Idul Adha di Balai Kota, Anies Serahkan Sapi Limosin 1,2 Ton

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Saat Sholat Idul Adha di Balaikota

KopiOnline Jakarta,- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar pelaksanan salat hari raya Idul Adha 1440 H/ 2019 di halaman Balai Kota, Merdeka Selatan, Jakarta pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan nampak hadir bersama istri beserta anaknya dengan mengenakan baju koko berwarna putih dan peci hitam.
Anies hadir pada pukul 06.30 WIB dan langsung menuju shaf terdepan yang sudah disiapkan. “Assalamu’alaikum,” sapa Anies kepada para jamaah pada Minggu (11/08/2019).

Tampak jamaah tidak hanya dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Satuan Polisi Pamong Praja namun juga dari warga Jakarta.

Bertindak sebagai Imam dalam pelaksanaan Ibadah Idul Adha di lapangan Balaikota DKI kali ini yakni Ustad Muzammil Hasballah dan Khotib adalah KH Cholil Nafis dengan tema ceramah ‘Semangat kurban, bentuk totalitas ibadah kepada Allah dan mempertebal rasa kepedulian sosial’.

“Ada ide baik dari Pemprov DKI Jakarta, di mana daging kurban tidak hanya dibagikan kepada masyarakat namun daging itu juga dimasak untuk disajikan dan dimakan bersama. Itu adalah suatu usaha untuk si miskin dan si kaya tidak ada lagi kesenjangan dan semua bahagia, ” ujar khotib di atas mimbar.

Usai sholat Idul Adha, Anies Baswedan menyerahkan sapi limosin seberat 1,2 ton kepada panitia kurban Pemprov DKI Jakarta. Anies menyerahkan sapi itu bersama sang istri, Fery Farhati Ganis dan putra bungsunya, Ismail Hakim Baswedan.

Selain menyalurkan kurban lewat Pemprov DKI, Anies sekeluarga juga berkurban di rumah mereka di Lebak Bulus, Jakarta Selatan; tempat kelahiran Anies di Kuningan, Jawa Barat; dan tempat tinggal di Yogyakarta.

“Kami sekeluarga berkurban di sini dan di rumah kami di Lebak Bulus dan di Yogya sama di Kuningan,” kata dia.

Khusus di Pemprov DKI, menurut Anies, panitia kurban telah mengumpulkan 189 ekor sapi, 306 ekor kambing, dan seekor kerbau.

“Ini semua nantinya akan dibagikan ke seluruh masyarakat di Jakarta. Alhamdulillah tadi berjalan lancar, persiapan juga sudah matang,” ucap Anies.

Seperti diketahui, dalam rangka Idul Adha tahun ini, Pemprov DKI Jakarta bersama sejumlah pihak bekerja sama untuk menggelar program Dapur Kurban.

Pemprov DKI akan membagikan sekitar 5.000 boks makanan siap saji yang merupakan olahan daging kurban kepada masyarakat kurang mampu. Makanan siap saji itu akan dimasak langsung oleh koki dari hotel berbintang di Jakarta.

Selain dimasak menjadi makanan siap saji yang langsung dibagikan, daging kurban itu juga akan diolah menjadi kornet dan rendang kemasan. Kornet dan rendang dalam bentuk kalengan itu akan disalurkan saat ada bencana dan kepada warga di sekitar Jakarta. kop

Gubernur DKI Jakarta saat menyerahkan hewan kurban. Foto : Ist.

Leave a comment