Beranda BIVEST PT. Pupuk Kujang Bangun Pabrik CO2 Cair di Cikampek

PT. Pupuk Kujang Bangun Pabrik CO2 Cair di Cikampek

297
0

KopiOnline Karawang,– Perusahaan Persero PT Pupuk Kujang mengembangkan usaha dan bisnisnya dengan membangun pabrik CO2 cair di Cikampek, Kabupaten Karawang. Kegiatan pembangunan pabrik itu ditandai dengan Pengecoran Perdana Pembangunan Pabrik CO2 Cair, Rabu (17/07/2019).
General Manager Produksi Pupuk Kujang sekaligus sebagai Project Manager, Arifianto, mengatakan pabrik baru yang mulai dibangun ini memiliki kapasitas produksi sekitar 50.000 MTPY (metrik ton per tahun) produk CO2 cair dengan kemurnian 99,99 persen.
Dengan menggunakan teknologi milik Union Engineering dengan investasi pembangunan pabrik sekitar Rp 106 miliar. Saat ini kebutuhan CO2 murni di Indonesia mencapai 250 ton per hari. Hanya saja, C02 murni yang dihasilkan itu masih menggunakan bahan baku dari minyak bumi sehingga harga jual CO2 murni menjadi mahal.
“Berbeda dengan CO2 murni yang dihasilkan PT Pupuk Kujang. bahan baku diambil dari limbah gas ekses CO2 pabrik Kujang 1A & 1B, sehingga akan menekan harga bahan baku,” ujarnya.
PT Pupuk Kujang hari ini baru memulai pembangunan pabriknya. Tapi hasil produksi dari pabrik CO2 murni PT Pupuk Kujang ini sudah ada yang akan membeli, yakni PT Aneka Gas dan PT Purna Buana Yudha dengan masing-masing kapasitas sebesar mencapai 20.000 MTPY. erwin sudarto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here