Terbaru

Bupati Karawang Lantik H. Acep Jamhuri, Msi Sebagai Sekda Baru

Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana resmi melantik Sekretaris Daerah Drs . H.Acep Jamhuri M.si

KopiOnline Karawang,- Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana resmi melantik Sekretaris Daerah Drs . H.Acep Jamhuri M.si di Plaza Pemda Karawang Jum’at, (07/07/2019.). Sekda yang baru diharapkan bisa membentuk dan membina tim yang solid.

Pengambilan sumpah dan pelantikan sekda Karawang merujuk kepada SK Bupati tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten karawang. adapun jabatan Sekda kini diemban oleh H Acep Jamhuri mantan kepala Dinas PUPR.

Acep Jamhuri terpilih dalam serangkaian seleksi panjang menyisihkan dua pesaing lain di akhir. Acep menggantikan jabatan Tedi Rusfendi yang sudah memasuki masa pensiun. Cellica menegaskan, pelantikan itu diharapkan bisa menjadi tonggak perkembangan di Kabupaten karawang

“Promosi jabatan merupakan upaya penyesuaian terhadap perkembangan yang senantiasa bersifat situasional sejalan dengan perubahan yang berjalan begitu cepat dan dinamis,” kata Cellica

Dia menilai, jabatan sekda memegang peran strategis dalam pembangunan daerah. Sekda bukan hanya bertindak sebagai pelaksana administrasi pemerintahan daerah, tetapi harus mampu mengikuti jalannya pemerintahan daerah.

Merujuk pada tugas pokok dan fungsi sekda, setiap urusan pemerintahan harus bisa terpantau dan terawasi oleh sekda. Untuk itu, proses pemilihan sekda sebelumnya telah dikaji lebih dalam. “Penempatan Sekda secara teknis merupakan hasil proses penilaian, pengkajian dan analisa panjang baik secara internal di pemerintah daerah maupun secara eksternal,” kata Cellica.

Pertimbangan lainnya, jabatan sekda juga disesuaikan dengan latar belakang, pengalaman, kemampuan teknis, dan jenjang kepangkatan. “Motivasi dan tanggung jawab serta disesuaikan juga dengan tuntutan perubahan akan perlunya profesionalisme di kalangan aparat,” ujarnya.

Cellica berpesan, agar sekda bisa menempatkan diri sebagai pelayan masyarakat yang profesional. Sekda juga harus bisa menyusun prosedur dan mekanisme kerja Setda karawang. Sehingga peran dan kewenangan masing-masing asisten dan kepala bagian semakin jelas. “Sekda juga harus mampu menjadi penghubung antara bupati dengan dinas dan instansi sektoral sebagai pelayan langsung masyarakat. Oleh karena itu harus dibangun suatu hubungan yang erat dan harmonis,” ujarnya.

Cellica menegaskan, suatu organisasi akan terus eksis jika organisasi tersebut memiliki tiga kriteria sehat yaitu sehat manajemen, personal, dan kegiatan. Tiga aspek itu merupakan landasan dari capaian kinerja pemerintah daerah. “Memahami dan mengelola sesuai dengan target indikator normatif yang telah ditentukan,” tegasnya. erwin.

 

Leave a comment