Terbaru

Pesawat Malindo Air Tergelincir di Bandara Husein Sastranegara, Penumpang Selamat

Ilustrasi : Pesawat Malindo Air

KopiOnline Bandung,– Pesawat Malindo Air rute Bandung-Kuala Lumpur tergelincir di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Kamis (20/06/2019), sekitar pukul 14.13 WIB. Pihak terkait tengah melakukan penanganan.

ADVETORIAL

Seperti dilansir detikcom, di lapangan, tampak dari kejauhan sebuah mobil pemadam kebakaran juga disiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bonang Bayuaji membenarkan adanya insiden tergelincirnya pesawat Malindo Air rute Bandung-Kuala Lumpur.

Berdasarkan keterangannya, pesawat tersebut akan lepas landas dari Bandung menuju Kuala Lumpur. Namun di runway 29, pesawat tersebut keluar jalur sehingga gagal terbang.

“Malindo 301 rute Bandung-Kuala Lumpur pukul 14.13 WIB mau melaksanakan take off Bandung menuju Kuala Lumpur. Setelah rilis take off dari tower terjadi crash, pesawat keluar landasan di ujung runway 29, dengan posisi wing (sayap) kiri masih berada di landasan,” kata Bonang di Pangkalan Udara TNI AU Bandara Husein Sastranegara.

Saat ini, kata dia, tengah proses evakuasi badan pesawat. “Sekarang dilakukan persiapan evakuasi, sedang diambil dokumen lengkap untuk kepentingan lebih lanjut. Komunikasi juga dengan KNKT (untuk penyelidikan),” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga memastikan semua penumpang dan pilot serta kru pesawat Malindo Air dalam keadaan selamat. Mereka sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. “Semua penumpang selamat, evakuasi sudah dilakukan dan kembali ke terminal,” ujar Bonang.

Ini Penjelasan Malindo Air

Sementara itu, Malindo Air menginformasikan penerbangan nomor OD-301 yang dioperasikan dengan Boeing 737-800NG beregistrasi 9M-LCK, mengalami keluar dari landas pacu (runway excursion) pada saat berbelok sebelum lepas landas pada pukul 14.25 WIB di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung (BDO).

Dalam pesawat tersebut, terdapat 122 orang yang terdiri dari 114 penumpang dan delapan anggota kru. Semua penumpang dan awak pesawat kondisi selamat serta telah dievakuasi dengan aman. Saat ini, Malindo Air sedang mengatur rencana perjalanan penumpang. Sedang pesawat dalam proses penanganan evakuasi.

Malindo Air meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan ingin menegaskan kembali bahwa Malindo Air mengutamakan faktor keselamatan sebagai prioritas utama. Malindo Air akan terus memberikan pembaruan lebih lanjut di www.malindoair.com  dan facebook.com/MalindoAirMalaysia. kop/dtk/vvc.

 

Leave a comment