Terbaru

Apa Iya, Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Barat Dituding Malas-malasan Sidang

KopiOnline Jakarta,- Tidak sedikit hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat malas malasan untuk sidang. Meskipun, para tahanan sudah datang baik dari Salemba, Cipinang dan Pondok Bambu lebih cepat dari yang dijadwalkan para hakim  tersebut tetap  telat menyidangkan.

Akibatnya, kinerja para hakim yang terkesan malas-malasan sidang tetsebut dipertanyakan banyak orang. Salah satunya Soleh, menurutnya  kinerja hakim seperti itu patut dilaporkan ke Badan Pengawasan hakim di Makamah Agung RI, sebab jika hakim-hakim tersebut tidak segera dilapor maka  proses sidang telat akan tetap terjadi.

“Kasian, para terdakwa itu harus menunggu lama, sedangkan mereka sangat berharap kasusnya cepat selesai supaya mereka bisa berkumpul lagi dengan keluarganya,” kata Soleh kepada KopiOnline di Pengadilan, Kamis (17/01/2019).

Selain itu, lanjut Soleh, mereka para terdakwa itu ada yang punya anak yang harus diberi nafkah baik lahir maupun bathin. Nah, kalau kasus yang sedang mereka hadapi tidak selesai-selesai bagaimana dia bisa menafkahi keluarganya.

Seharusnya pihak Badan Pengawasa Hakim MA RI serta Komisi Yudisial (KY) supaya memberikan sanksi disiplin kepada hakim-hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, yang suka malas-malasan sidang itu.

Kalau dibiarkan kinerja hakim seperti itu berlama-lama maka akan menciptakan preseden buruk dalam proses penegakan hukum di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. chaniago.

Leave a comment