Terbaru

Sejumlah Desa di Kab. Bangka Dapat Pendampingan Dari Kejari Sungailiat

KopiOnline Jakarta ,– Sejumlah desa di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka mendapat pendampingan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Sungailiat. Pendampingan terhadap aparat pedesaan itu terkait dengan pengelolaan keuangan atau dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah.

“Tujuan kami kami turba adalah untuk pendampingan desa agar pengelolaan keuangan desa untuk mencapai peningkatan ekonomi desa, sehingga tidak ada lagi kegiatan yang sifatnya seremonial, ” ujar Rilke Jeffrie Huwae, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sungailiat, ketika dihubungi wartawan, kemarin.

Jeffrie menjelaskan, pendampingan yang diberikan pihaknya mulai dari merumuskan perencanaan hingga output penggunaan dana desa tersebut supaya hasilnya bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Jeffrie, tim Kejari Bangka atau Sungailiat turun ke desa-desa “memelototi” semua program yang dilaksanakan desa dengan memberikan arahan agar kegiatan desa yang bersumber dana desa diarahkan sesuai dengan potensi desa, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Hal-hal yang di luar proses itu kami hapus. Apalagi jaman sekarang harus sesuai dengan aturan perundang-undangan,” tegas Jeffri.

Selain itu juga, kejaksaan akan memberikan perhatian penuh terhadap perencanaan pembangunan di Kabupaten Bangka.

Pihaknya akan menggunakan kewenangan kejaksaan dalam memberikan pengawalan  terhadap setiap proses pembangunan di Kabupaten Bangka.

“Memang kita sudah melewati proses perencanaan karena APBD sudah disahkan. Setiap proses pembangunan kami mengunakan instrumen  TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah) sehingga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan dan akuntabel,” jelas Jeffri. Syamsuri

Leave a comment