Terbaru

Kajati Jabar Minta Jajarannya Hentikan Kegiatan Merugikan Institusi

KopiOnline Bandung – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Barat (Jabar), Raja Nafrizal, meminta seluruh jaksa di Jawa Barat menghentikan kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan institusi, keluarga dan diri sendiri

ADVETORIAL

Hal itu disampaikan Raja Nafrizal saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kejaksaaa se Jawa Barat yang berlangsung di Aula R Suprapto di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar, Senin (07/01/2019).

“Mari kita benahi sistem manajemen yang menurut kita belum sempurna. Tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kembangkan dinamika kelompok dan pemberian layanan hukum serta komitmen melakukan perubahan menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” ujar Raja.

Menyinggung tentang Rakerda, Raja menyatakan, kegiatan Rakerda merupakan agenda rutin seluruh Kejaksaan Tinggi di Indonesia, termasuk Kejati Jabar sebagai sarana untuk menyampaikan rekomendasi hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kejaksaan di Bali beberapa waktu lalu.

“Disamping itu untuk melakukan evaluasi menyeluruh atas kinerja yang dihasilkan,” katanya. Hadir pada Rakerda itu Wakil Jaksa Tinggi Arie Arifin SH para Asisten, Koordinator, Kepala Kejaksaan Negeri dan para Kepala Seksi se Kejati Jabar.

Dikatakan Raja bahwa makna penting dari penyampaian rekomendasi hasil rapat kerja adalah untuk memahami apa saja yang harus dilaksanakan oleh masing-masing satuan kerja. Sedangkan evaluasi, tuturnya, merupakan suatu kegiatan untuk menilai seberapa jauh program kerja telah diimplementasikan.

“Evaluasi juga merupakan perwujudan atau manifestasi pertanggungjawaban dari para pemangku jabatan atas amanah tugas yang telah diberikan pimpinan,” ujarnya.

Ditambahkan Raja dengan evaluasi diharapkan akan diketahui capaian keberhasilan dari seluruh kegiatan dan tugas yang telah dijalankan. “Sehingga dapat menjadi bahan masukan yang obyektif dalam mengambil dan menentukan langkah kebijakan ke depan.

Dia juga mengingatkan jajarannya jaksa di Jawa Barat untuk memiliki komitmen yang tinggi dalam penegakan hukum. “Saya minta para jaksa untuk memiliki komitmen yang tinggi dalam penegakan hukum karena kamis depan kita akan melakukan deklarasi zona integritas menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi). Jangan coba coba untuk melakukan ‘jual beli’ perkara sehingga akan merusak nama lembaga ini,” kata Raja.

Selain itu dia juga meminta hasil rakerda dapat dilaksanakan di masing-masin satuan kerja dengan komitmen untu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Kita lakukan instrospeksi apakah Kejaksaan mau berubah atau belum, mari kita bangkitkan dan kibarkan semangat dan motivasi dalam berinovasi sebagai bagian dari Kejaksaan di seluruh indonesia, kita karyakan, kita curahkan untuk institusi Kejaksaan, kita jadikan Kejaksaan menjadi institusi yang lebih baik.Memang berat tapi kita jangan patah semangat,” kata Raja. Syamsuri

Leave a comment