Terbaru

Lapas Kelas IIA Karawang Berikan Remisi Khusus Natal Bagi 14 Warga Binaan

KopiOnline Karawang,- Kebebasan untuk menghirup udara segar adalah suatu impian yang sangat ditunggu-tunggu oleh seorang narapidana, Impian itu akhirnya diperoleh bagi 14 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Karawang yang mendapatkan remisi Hari Raya Natal 2018.

Ke 14 warga binaan tersebut dari berbagai sejumlah kasus, seperti kasus perampokan, penggelapan, dan penyalahgunaan narkotika. Pembagian remisi disaksikan Kadivpas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Kanwil Jawa Barat, Abdul Aris
Bc.IP, S.Sos, MM didampingi Kalapas Karawang Iskandar beserta jajarannya.

Seperti salah satunya Rochet Muiler Roche Ad Binjamin Rochet yang memperoleh remisi khusus 1 bulan 15 hari dan dinyatakan bebas. Selain Rochet, 13 Warga Binaan lainnya memperoleh remisi khusus Hari Natal 2018. Demikian diungkapkan Kepala Devisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar. Abdul Aris, kepada datapublik.com saat pemberian remisi bagi Warga Binaan Lapas Kelas IIA Karawang.

”Remisi Khusus Natal 2018 di seluruh Jawa Barat berjumlah 475 orang, 7 diantaranya langsung bebas. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menkumham RI No. 3 tahun 2018 dan Surat Dirjen Pemasyarakatan No: PASPK 01.05.05-733 tanggal 25 Oktober 2018. perihal pelaksanaan pemberian remikisi Khusus Hari Raya Natal Tahun 2018 kepada Narapidana,” jelasnya saat konferensi pers pada Selasa (25/12/2018).di Aula Lapas.

Membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM, Abdul Aris mengungkapkan, melalui pemberian Remisi Khusus Natal 2018 khususnya yang bebas, agar berjanji untuk menjadi diri sendiri untuk tidak mengulangi perbuatannya melanggar hukum, kembalilah ke keluarga dan menjadi anggota masyarakat yang dapat memberikan manfaat. Sedangkan bagi Warga Binaan yang mendapat remisi dan belum memperoleh kebebasan serta Warga Binaan yang belum memperoleh remisi tahun ini agar memperbaiki diri dan pada kesempatan lainnya mempeoleh remisi,”ungkap Abdul Aris membacakan sambutan Menkumham RI, Yasonna H. Laoly.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIA, Iskandar Irianto Basuki menjelaskan, jumlah penghuni Lapas Kelas IIA Karawang dihuni 1.213, laki-laki 1.179, wanita 34 dan napi anak-anak nihil. Dari 25 Napi beragama Kristiani, 14 orang mendapatkan remisi dengan perincian: remisi 15 hari sebanyak 4 orang, remisi 1 bulan sebanyak 5 orang, remisi 1 bulan 15 hari sebanyak 2 orang, remisi 2 bulan sebanyak 3 orang.

Ke 14 Napi ini telah memenuhi persyaratan memperoleh remisi yang merupakan anugerah dari negara, dimana seorang Napi memperoleh remisi dengan ketentuan diantaranya: Napi berkelakuan baik, memenuhi persyaratan administratif, harus memenuhi substansif dan harus sesuai ketentuan pemberian remisi.

Iskandar berharap Napi yang memperolah Remisi dapat memberikan semangat dan memotivasi Warga Binaan lainnya untuk melakukan kegiatan positif, sehingga kedepannya memperoleh remisi di kesempatan lain,” pungkasnya. erwin

Leave a comment