Terbaru

Sidang Tuntutan Terdakwa Narkoba, Rudi Kurniawan di PN Jakbar Gagal Dibacakan

KopiOnline Jakarta,- Pembacaan surat tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum Pengganti JPUP) Zahrul SH, dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Barat terhadap terdakwa narkoba Rudi Kurniawan lagi-lagi ditunda.

ADVETORIAL

Sidang tuntutan yang dijadwalkan senin dini hari tadi batal dibacakan sebab ketua majelis hakim, Machri Henra SH, MH yang memimpin persidangan tersebut berhalangan hadir.

Padahal, sidang pemeriksaan terdakwa sudah selesai beberapa minggu lalu, namun karena rencana tuntutan (Rentut) dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI belum turun, maka tuntutan terdakwa jadi agak terlambat,

“Tapi, yakinlah bahwa surat tuntutan tersebut pada tanggal 9 januari 2019 nanti pasti dibacakan asal hakim ketuanya tidak berhalangan lagi,” ujar Zahrul kepada kopionline.

JPUP pun tidak menyangka kalau sidang pembacaan tuntutan yang diagendakan senin itu akan tetunda lagi. Karena, sebelumnya pihak pengadilan tidak ada pemberitahuan baik dari hakimnya maupun dari Panitera Pengganti (PP) nya, kalau ada pemberitahuan pasti terdakwa tidak dihadirkan atau dibawa ke pengadilan ini.

Sidang yang ditunda oleh Agus Setiawan SH, selaku hakim anggota dalam perkara tersebut sempat bersitegang dengan beberapa orang wartawan yang akan meliput jalanya sidang karena hakim Agus Setiawan tidak berkenan terdakwa diambil gambarnya tanpa minta ijin terlebih dulu kepadanya.

Padahal dalam pasal 218 dan 219 kitab undang-undang hukum acara pidana (KUHAP) tentang tata tertib pengunjung sidang itu hanya berlaku bagi wartawan yang belum dikenal. sementara wartawan yang melakukan pemotretan tersebut sudah lama ngepos di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Ada hubungan apa hakim agus setiawan dengan terdakwa sehingga dia begitu marah kepada wartawan yang sedang ambil gambar terdakwa di ruang sidang senin (17/12/2018). Chaniago.

Leave a comment