Terbaru

Setelah Inkrahct, Kejari Bengkulu Musnahkan BB Tindak Pidana Umum

Setelah Inkrahct, Kejari Bengkulu Musnahkan BB Tindak Pidana Umum .

KopiOnline Bengkulu,– Di penghujung tahun 2018, untuk kali kedua Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bengkulu memusnahkan sejumlah barang bukti (BB) yang diperoleh dari hasil tindak pidana umum di wilayah hukum Kota Bengkulu.

ADVETORIAL

“Betul untuk kedua kalinya kami memusnahkan barang bukti dari hasil tindak pidana umum yang ditangani Kejari Kota Bengkulu. Pemusnahan itu kami lakukan tentunya setelah perkara tersebut mempunyai kekuatan hukum tetap (inkrahct),” ujar Emilwan Ridwan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bengkulu, ketika dihubungi wartawan, Senin (17/12/2018).

Kajari Kota Bengkulu yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan itu antara lain barang bukti dari perkara narkotika, tindak pidana kesehatan dan penggunaan senjata tajam tanpa hak.

“Berupa barang bukti yang dimusnahkan antara lain narkotika jenis ganja 200 gram lebih, narkotika jenis sabu-sabu 121 gram lebih, senjata tajam 77 buah, timbangan digital 40 unit, handphone 79 unit dan kosmetik sebanyak 2800,” kata mantan Kajari Muara Bungo tersebut.

Hadir dalam pemusnahan barang bukti itu antara lain Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bengkulu, Irfanudin, penyidik Polres Bengkulu, BNN Provinsi Bengkulu, BPOM Provinsi Bengkulu dan pihak terkait lainnya.

Sementara itu Ketua PN Bengkulu, Irfanudin, mengungkapkan, pemusnahan barang bukti yang dilaksanakan di Kejari Kota Bengkulu tersebut sudah masuk pada ranah eksekusi yang artinya sudah menjadi wewenang dari pihak kejaksaan.

“Yang  dimusnakan barang bukti pada kasus-kasus yang telah berkekuatan hukum tetap. Jadi proses penuntutannya sudah selesai. Jadi setelah diputus ini dalam rangka pelaksanaan putusan barang bukti yang perintahnya dilaksanakan,” jelas Irfanudin. Syamsuri

Leave a comment