Terbaru

Kejagung Gelar Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional

KopiOnline Jakarta,– Kejaksaan Agung (Kejagung) bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Pancasila menggelar Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional (National Moot Court Competition) tahun 2018 memperebutkan Piala Jaksa Agung VI.

Acara yang dibuka oleh Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Adi Toegarisman, berlangsung di Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan RI di Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (14/12/2018).

“Di tempat inilah (Badiklat Kejaksaan RI-red) telah lahir para kader-kader Adhyaksa penegak hukum yang profesional dan berintegritas. Di Kawah Candra Dimuka Adhyaksa ini tetapkanlah hati untuk menjadi penegak hukum  yang modern di masa depan,” ujar Adi dalam sambutannya.

Adi berharap para generasi penegak hukum ke depan agar menjauhi  dari perbuatan korupsi. Adi sendiri sudah membuktikan ucapannya yakni unit kerja pada Jampidsus Kejagung dinyatakan lolos zona integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) untuk mewujudkan kea rah Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Unit kerja pada Jampidsus Kejagung mendapat apresiasi dan penghargaan predikat WBK dan WBBM langsung dari Menteri PAN dan RB, Syafruddin, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, pada 10 Desember 2010 lalu.

Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasiona yang diikuti sekitar 250 mahasiswa fakultas hukum berasal dari Universitas Kristen Indonesia (UKI), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Tirtayasa (Untirta), Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) dan Universitas Soedirman (Unsoed).

Peradilan Semu yang digelar tiap dua tahunan itu terselenggara atas kerjasama antara Kejaksaan Agung dengan Fakultas Hukum Universitas Pancasila tersebut terjalin sejak tahun 2008 guna melatih dan mendidik bibit bibit kader dan pendekar penegakan hukum di Indonesia.

Kompetisi peradilan semu tahun ini mengambil tema “Koordinasi Pemerintah dalam Upaya Anti Korupsi di bidang Perikanan, Sumber Daya Laut di Indonesia”.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI, Setia Untung Arimuladi, sejumlah pejabat di lingkungan Jampidsus Kejagung, para rektor dan dosen dari Universitas peserta kompetisi serta seluruh peserta dan panitia. Syamsuri

Leave a comment