Terbaru

Datin Budaya Evelyn Yang Mengemban Amanah Amantubillah

KopiOnline Kalbar,- Penobatan Raja Kusuma Negara Sekadau Gusti Muhamad Effendi yang bergelar Pangeran Agung Sri Negara II di Balairung Istana Kusuma Negara Sekadau, Kalimantan Barat, Indonesia, Sabtu (15/12/2018) dihadiri segenap Raja dan Ratu dari kerajaan Nusantara serta kerajaan dari negara sahabat.

Tampak hadir dalam acara penobatan itu, Datin Evelyn Yang bersama Karaeng Lampa Sompo Reso Mustardiansah, Karaeng Tobarani Tendri Dolong Rizal, Karaeng Busra, Oelobalang Anton, Oelobalang Budiansyah mewakili YM Pangeran Ratu Mulawangsa Dr.Ir.Mardan Adijaya Msc dan Ratu Kencana Wangsa Dr.Ir.Arini Maryam.Msc. Istana Kraton Amantubillah Kerajaan Mempawah.

Tamu undangan dari kerajaan Nusantara, YM Raja dan Ratu Sanggau, YM Raja dan Ratu Tayan, dan lainnya serta Dato’ Pangeran H.Mathusin, Pangeran Syah dari Brunai, Dato’ Seri HJ Suib  Bin Nasir dari Labuan Malaysia, Rombongan dari Kuching Malaysia, Singapura, dan lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu memenuhi Balairung Istana dan mengikuti acara dengan penuh hikmat.

Datin Evelyn mengungkapkan, momentum seperti ini sangatlah bernilai dan berharga dimana kita diingatkan lagi bahwa Kerajaan Kerajaan Nusantara inilah yang sebenarnya adalah cikal bakal terbentuknya Indonesia.

Budaya dan tradisi warisan leluhur dari tata cara ritual pelaksanaan kegiatan, pakaian adat tradisi yang menjadi lambang dan ciri dari setiap kerajaan, kuliner yang disajikan untuk perayaan yang menjadi ciri khas kekayaan rempah rempah tanah air, jenis musik dan tarian yang menjadi aksen  pelengkap utama dalam menggambarkan cara kehidupan rakyat di kerajaan masing masing. Itulah yang menjadi unsur unsur ragamnya kebudayaan bangsa yang dipersatukan oleh alam semesta.

Setelah prosesi hari pertama ini selesai, kata Datin Budaya Evelyn, para tamu undangan dan kerabat keratin disuguhkan makan malam dengan gaya sajian Saprahan yang juga menjadi ciri budaya bangsa kita dengan menu khas Sekadau, Kalimantan Barat.

“Kami beramah tamah, saling memperkenalkan diri dan tentunya akan membangun kembali tali persatuan antara kerajaan kerajaan,” tutur Evelyn kepada koranpagionline.com Sabtu (15/12/2018).

Harapan bagi para Baginda Yang Mulia Raja dan Pangeran yang merupakan makhluk terpilih dari Tuhan yang dipercayakan dari pertama kali di dalam semesta alam untuk memimpin rakyat supaya menikmati kemakmuran, Mohon diamalkan secara nyata, karena saat ini pesan Alam sudah menangis dengan pertanda bencana, akibat ulah manusia jua. Supaya kita bisa kembali bersahabat dan beriring sejalan dalam keseimbangan dunia nyata ini.

Mulailah menjalin kembali Ke-Tuhanan bersama Pancasila yang ber Bhineka Tunggal Ika yang bertolenransi akan perbedaan dari segi suku suku adat dan budaya maupun kepercayaan dan agama untuk Kedaulatan yang adil dan merata bagi semua bangsa.

Masyarakat Kalimantan Barat, khususnya dan masyarakat nusantara pada umumnya supaya nerharap agar YM Raja dan Permaisuri sehat selalu dan meneruskan amanah leluhur yang sudah berjuang akan kemerdekaan untuk selalu mengedepankan kemakmuran rakyat. Karena kalian kaum terpilih yang akan bisa mewariskan perjuangan hakiki, budaya dan tradisi untuk anak cucu kita dan catatan sejarah.

Amantubillah, aman bekerja bersama Allah dalam waktu, keimanan kepada sang Pencipta, dalam warna, keseimbangan bersama alam semesta dan dalam warta, keharmonisan sesama manusia. red

 

Leave a comment