Terbaru

DUA TERDAKWA PENGEMPLANG PAJAK DITUNTUT PIDANA PENJARA

Foto : Ilustrasi

KopiOnline Jakarta,- Dua terdakwa pengemplang pajak yaitu Hendro dan Martin dituntut masing-masing 2,6 tahun dan 3,6 tahun pidana penjara di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, baru-baru ini. Tuntutan itu sudah setimpal dan sesuai dengan perbuatan mereka

Menurut jaksa Febi sh, dari Kejaksaan Agung (Kejagung) tuntutan tersehut sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (sop) karena perbuatan kedua terdakwa itu negara dirugikan sampai miliaran rupiah.

Febi menambahkan, kedua terdakwa itu selain merugikan keuangan negara mereka juga merugikan beberapa perusahaan dengan cara menjual surat faktur pajak palsu yang diperolehnya dari oknum pembuat faktur pajak palsu,.

Kata Febi, kasus tersebut terungkap ketika beberapa pihak perusahaan itu akan membayar tagihan pajak mereka, namun tiba-tiba  petugas kantor Pajak kaget karena faktur pajak yang dimilki perusahaan tersebut palsu dan tidak ada dalam data yang ada di kantor Pajak.

Al hasil dari perbuatan kedua terdakwa tersebut para pihak perusahaan yang dirugikan melapor ke pihak yang berwajib di Mabes Polri untuk diproses secara hukum terhadap kejahatan yang dilakukan kedua terdakwa itu.

Perbuatan kedua terdakwa itu sebagai mana diatur melanggar pasal 263 ayat (1) kuhp tentang pemalsuan surat jo pasal 264 ayat (1) kuhp pidana tentang memperjual belikan surat palsu, akibat perbuatan kedua terdakwa itu, negera dirugikan miliaran rupiah. chaniago

Leave a comment