Terbaru

Kasus Dugaan Korupsi PT Dok & Perkapalan Segera Dituntaskan

KopiOnline Jakarta,– Tim penyidik tindak pidana khusus (Pidsus) pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur kini tengah mengebut kasus dugaan korupsi pembelian kapal floating crane bekas seharga Rp 100 miliar oleh PT Dok dan Perkapalan Surabaya.

“Secepatnya akan kami tuntaskan. Tim penyidik pidsus terus bekerja keras hingga diketahui oknum yang bertanggungjawab dalam kasus itu,” ujar Dr Sunarta, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur, menjawab pertanyaan wartawan, Sabtu (24/11/2018).

Menurut Sunarta, tim penyidik pidsus pada Kejati Jatim sampai saat ini terus intensif melakukan pemanggilan dan pemeriksaan sejumlah saksi yang terkait proyek pembelian kapal floating crane dari Eropa itu.

Bahkan, dua orang saksi sudah diminta oleh penyidik Kejati Jatim kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk dilakukan pencekalan agar tidak bepergian ke luar negeri.

Kejaksaan Tinggi Jawa Timur sebelumnnya telah meningkatkan status penyelidikan kasus dugaan korupsi di PT DPS menjadi penyidikan.

Kasus dugaan korupsi ini terkait pembelian kapal floating crane bekas seharga Rp 100 miliar pada 2016 lalu.

Kapal itu dibeli dari Eropa dan sudah dibayar Rp 60 miliar oleh PT DOK, namun ketika perjalanan melalui jalur laut ke Surabaya dari Eropa, kapal itu tenggelam.

Kasus dugaan korupsi ini ditangani Kejaksaan Tinggi Jawa Timur berdasarkan audit BPK pada 2016 lalu.

Dari hasil audit itu diketahui jika diduga ada penyelewengan terkait pembelian kapal itu yang tidak sesuai. Uang sudah dikeluarkan negara, tetapi kapal itu tidak sampai. Syamsuri

Leave a comment