Terbaru

Evelyn Yang : Generasi Muda Wajib Bangkitkan Budaya Leluhur

datin Budaya Evelyn Yang.

KopiOnline Pontianak,– Sebagai pemegang amanah yang dianugerahi gelar Datin Budaya, tentu tidak ringan beban dan tanggungjawabnya secara moral. Terlebih dengan semakin derasnya budaya luar yang menggerus tradisi dan budaya nusantara saat ini. Inilah tugas berat yang bakal dihadapi seorang Datin Budaya.

Adalah Evelyn yang nama lengkapnya Yang  Xue Ling atau Evelyn Yang sapaan akrabnya. Dia pula yang beberapa waktu lalu dianugerahi gelar Datin Budaya. Maka untuk menopaang dan memudahkan mempertahankan tradisi, adat dan budaya, kududnya di Kalimantan Barat dan Indonesia pada umumnya, Evelyn kudu duduk di Senayan Jakarta melalui pesta demokrasi Pileg.

Untuk itu Evelyn mengajak generasi muda, khususnya di Kalimantan Barat untuk membangkitkan lagi tradisi leluhur. Melestarikan tradisi dan budaya warisan leluhur yang adiluhung sebagai jati diri bangsa.

“Mari kita uri-uri tradisi dan budaya leluhur. Sebab, saat ini sudah terlalu banyak informasi dan edukasi yang kurang tepat bahkan menyimpang dari sejarah yang seharusnya, ujar Evelyn kepada koranpagionline.com melalui sambungan handphone, Minggu (18/11/2018) malam.

Menurut artis penyanyi yang serba bisa ini, baginya keberadaan kita saat ini tidak terlepas dari budaya dan tradisi leluhur, sehingga kita wajib melestarikannya untuk anak cucu kita nanti. Sebab, di dalamnya terkandung etika yang mengatur tatanan bermasyarakat.

Oleh sebab itu, para generasi muda sebagai generasi penerus, terlebih di era milenial, harus mampu membendung derasnya budaya luar yang masuk di negeri ini. Intinya jangan malah mengeksport budaya luar yang sejatinya tidak cocok dengan adat ketimuran.

“Jangan takut disebut ketinggalan zaman bila tidak mengikuti budaya luar yang disebut maju. Itu salah. Kita memang harus belajar, tapi akarnya jangan dihilangkan,” kata pendiri Yayasan Lyn’s Foundations itu.

Evelyn adalah salaah satu Caleg dari Partai Berkarya yang mendapat nomor urut 8 dari Dapil I Kalimantan Barat, mohon dukungan dari daerah pemilihannya agar ke depannya lebih mudah menjalankan amanahnya sebagai Datin Budaya.

Seperti diketahui Evelyn mendapat amanah dari Raja Mulawangsa DR Ir Mardan Adijaya dan Ratu Kencana Wangsa DR Ir Arini Maryam dengan anugerah sebagai Yang Mulia Bhakti Amantubillah, yaitu dengan gelar Datin Budaya. Gelar tersebut dianugerahkan kepadanya di Istana Amantubillah, Kota Mempawah, pada Selasa (06/11/2018) pekan lalu.

Amanah tersebut diterimanya karena sebagai konsultan entertainment, pengalaman perjalanan kehidupan menjadi ilmu nyata yang selalu dibagikan Lyn untuk memperkenalkan keragaman budaya Indonesia ke manca negara.

Amanah tersebut diterimanya karena sebagai konsultan entertainment, pengalaman perjalanan kehidupan menjadi ilmu nyata yang selalu dibagikan Lyn untuk memperkenalkan keragaman budaya Indonesia ke manca negara.

“Orang luar terkesan dan ingin belajar budaya kita yang beragam. Mosok kita malah mau melupakan budaya sendiri. Mari bersama lestarikan tradisi dan budaya di negeri sendiri,” tandas Evelyn penuh semangat. kop

Leave a comment