Terbaru

Karawang Diguyur Hujan Terus Menerus, Harga Gabah Dikhawatirkan Anjlok

KopiOnline Karawang,- Panen raya merupakan momen yang ditunggu tunggu oleh para petani di Karawang, setelah kurang lebih 4 bulan dari mulai tanam hingga panen.

Akan tetapi kini para petani di Karawang berharap harap cemas, pasalnya pasca panen raya yang bertepatan dengan musim penghujan.

Para petani khawatir bila musim panen kini akan diguyur hujan, dan sangat berdampak pada anjloknya harga jual gabah kering panen ( GKP )

Mengingat harga jual padi masih kisaran Rp, 5,000 hingga Rp 6,000 perkilo gram, hal tersebut diungkapkan oleh Karta salah seorang petani asal kelurahan Karangpawitan kecamatan Karawang Barat.

Dirinya mengaku sangat khawatir dengan kondisi yang tak menentu seperti sekarang, mengingat musim panen sekarang bersamaan dengan musim hujan yang akan berdampak pada harga Gabah Kering Panen ( GKP).

”Saya merasa khawatir dengan kondisi panen seperti saat ini, karena berbarengan dengan musim hujan yang sangat berdampak pada harga jual gabah.

Untuk saat ini harga gabah yang dibeli oleh tengkulak masih stabil kisaran Rp, 5,000 lebih perkilonya, tetapi kalau hujan terus mengguyur otomatis harga jual gabah bisa turun. Ungkap karta.

Hal senada disampaikan oleh salah seorang buruh tani Juhano, dirinya merasa khawatir dengan kondisi cuaca yang tak menentu seperti sekarang.

”Saya juga sebagai buruh tani merasa khawatir dengan kondisi yang seperti ini, karena kalau seandainya hujan terus mengguyur akan berdampak pada penghasilan saya sebagai buruh panen.

Karena kalau hujan terus mengguyur maka harga eceran padi bisa mencapai Rp 4,000 bahkan bisa menjadi Rp 3,000 perkilonya. win

Leave a comment