Terbaru

Presiden Jokowi Resmikan Tol Desari Seksi I Ruas Antasari – Brigif/Cinere

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Desari ( Depok - Antasari), Kamis (27/09/2018). Foto : Ist.

KopiOnline Jakarta,- Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian jalan tol Depok Antasari (Desari) seksi I ruas Antasari – Brigif sepanjang 5,8 kilometer (km) di Gerbang Tol Cilandak Utama, Jakarta Selatan, Kamis (27/09/2918).

Dengan beroperasinya ruas tol Desari akan meningkat konektivitas antara Jakarta dengan kota-kota penyangga seperti Kota Depok, kabupaten Bogor dan Kota Bogor.

“Satu lagi saya meresmikan Tol Desari sesi I yang diharapkan bisa mempercepat mobilitas orang dan barang dari Jakarta menuju Depok,” katanya Jokowi di kawasan Tol Desari, Colandak.

Presiden pun mengapresiasi tol ini lantaran ini merupakan hasil proyek kerjasama dan BUMN. “Kalau kerjasama-kerjasama ini terus dilakukan swasta dan BUMN maka percepatan pembangunan jalan tol bisa lebih cepat diselesaikan. Selamat atas peresmian sesi satu ini,” tambah Presiden.

Sekadar tahu saja, tol ini dibangun dan dikelola PT Citra Waspphutowa yang merupakan anak perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP). PT Citra Waspphutowa merupakan pemegang hak konsesi atas pengelolaan ruas jalan tol Desari. Masa konsesi pengelolaan jalan tol berlangsung 40 tahun hingga 2056.

Saat ini, saham PT Citra Waspphutowa mayoritas dimiliki CMNP sebesar 62,50%, PT Waskita Toll Road 25%, dan PT Pembangunan Perumahan 12,50%.

Direktur Utama CMNP Tito Sulistio mengatakan, pembangunan Tol Desari terbagi dalam tiga seksi yakni seksi I ruas Antasari – Brigif/Cinere sepanjang 5,80 km. Seksi II ruas Brigif – Sawangan sepanjang 6,30 km dan seksi III Sawangan – Bojong Gede sepanjang 9,5 km.

“Seksi II akan rampung pada Desember 2018 dan seksi III selesai di pertengahan 2021,” ungkap Tito dalam pembukaan. Total panjang keseluruhan ruas tol Desari mencapai 21,60 km dengan total investasi sebesar Rp 4,9 triliun.

Jalan tol Desari juga rencananya juga akan terkoneksi dengan Tol Bogor Ring Road hingga Ciawi dengan penambahan ruang lingkup Bojong Gede – Salabenda sepanjang 6,5 km.

Tol ini dibangun mulai pada 2014 merupakan jalan tol Jakarta, Depok, dan Bogor, yang terintegrasi dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Jakarta Outer Ring Road II (JORR II). Khusus untuk seksi I Antasari – Brigif/ Cinere melintasi lima kelurahan di Kawasan Jakarta Selatan dan dua kelurahan di Kota Depok. kon/kop

Sumber : kontan

Leave a comment