Terbaru

Gatot Nurmantyo, Tommy Soeharto & Sigit Terima Gelar Kebangsawanan

Gatot-Tommy-Sigid terima gelar kebangsawanan. Foto : Merdeka.com

KopiOnline Solo,- Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Tommy Soeharto, pengusaha Sigid Harjo Wibisono dan sejumlah sentana abdi dalem dan lainnya mendapatkan kekancingan atau gelar kebangsawanan dari Mangkunegara IX. Gelar diberikan Raja Pura Mangkunegaran di sela upacara peringatan naik tahta ke 31 atau Tingalan Wiyosan Jumenengan Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara IX, di Istana Mangkunegaran, Rabu (19/09/2018).

Jenderal TNI Purn Gatot Nurmantyo diberikan gelar Pangeran Haryo dan selanjutnya disebut dengan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Gatot Nurmantyo. Kemudian Tommy Soeharto mendapat sebutan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) H Hutomo Mandala Putra dan Sigid mendapat sebutan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Sigid Harjo Wibisono.

Kepada wartawan, Gatot mengaku tidak mengerti bisa mendapatkan gelar tersebut. Pihak Mangkunegaran sendiri yang menelusuri silsilah dirinya. Hingga diketahui jika dia merupakan keturunan Paku Buwono III. Penelusuran silsilah tersebut, lanjut Gatot, sudah dilakukan sejak dirinya menjadi KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat). Namun gelar tersebut baru diberikan Sri Paduka KGPAA Mangkunegara IX saat ini.

“Memang pihak Mangkunegaran menunggu setelah saya pensiun. Latar belakangnya kenapa saya mau, karena ini adalah menyatukan. Jadi sama-sama kita tilik sejarah RM Said oleh Paku Buwono (PB) itu dianggap pemberontak, itu adalah kiat kolonialisme. Kemudian oleh PB III, paham tentang itu merangkul. Kemudian lahirlah perjanjian Salatiga. Jadi disatukan. Jadi diberikan penjelasan seperti itu, saya berpikir, menyatukan tulang belulang kan bagus. Mudah-mudahan ini bisa menyatukan semuanya,” jelas Gatot.

Sekretaris Panitia, Mas Ngabehi Joko Pramodyo mengatakan, total ada 43 orang yang diberikan kekancingan atau gelar kebangsawanan. Selain ketiga tokoh tersebut gelar juga diberikan kepada Eny Timurti Gatot Nurmantyo, sentana serta abdi dalem.

“Gelar ini diberikan kepada orang-orang yang mempunyai loyalisme, dedikasi atau integritas terhadap Sri Paduka atau Pura Mangkunegaran. Ketiga tokoh ini mempunyai kriteria itu,” pungkas Joko. mdk/kop

Gatot-Tommy-Sigid terima gelar kebangsawanan. Foto : Merdeka.com

Leave a comment