Terbaru

Belasan Pulau Tak Berpenghuni di Biak Akan Dijadikan Lokasi Wisata

KopiOnline Biak,- Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Biak Numfor, Drs.Yudi Wanma mengatakan ada belasan pulau tidak berpenghuni akan dikelolah pemerintah sebagai tempat wisata. Pulau tidak berpenghuni berada di Distrik Aimando dan Distrik Padaido. Sebab, diketahui kedua Distrik itu kerap menjadi tempat tujuan wisatawan ketika sampai di Biak Numfor.

“Kami memiliki kurang lebih 19 pulau yang tidak berpenghuni di Aimando dan Padaido. Beberapa pulau tidak berpenghuni itu juga sering dijadikan lokasi wisata bagi pengunjung yang datang ke Biak. Karena potensi alam laut dan letaknya sangat strategis,” katanya kepada media ini saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/09/2018).

Adapun 19 tidak berpenghuni antara lain di Distrik Aimando sebanyak  12 pulau dan Distrik Padaido sebanyak 7 pulau. Pulau tidak berpenghuni itu juga kerap dilirik oleh para investor yang ingin mengelolah pulau itu menjadi lokasi wisata yang lebih eksotik dengan nuansa laut. Pulau tidak berpenghuni itu memilki jarak yang lumayan jauh, jika ditempuh dari Biak Kota.

Sedangkan, pulau berpenghuni di Distrik Aimando sebanyak 4 pulau besar dan di Distrik Padaido sebanyak 4 pulau besar juga.

Yudi mengatakan, beberapa pulau tidak berpenghuni itu sudah memiliki nama yang diberikan langsung oleh pemilik hak ulayat setempat. Contohnya, pulau Runi merupakan nama pulau yang diberikan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Distrik Runi.

“Para pemilik hak ulayat di sekitar pukau tidak berpenghuni itu sudah memberikan nama di setiap hak ulayat mereka yang tersebar di pulau yang belum berpenghuni. Sehingga seluruh pulau yang berada di perairan Biak Numfor sudah memiliki nama. Namun, nama-nama pulau itu belum terdaftar secara lengkap,”pungkasnya. kop/TN

Leave a comment